KEGIATAN PENGEMBANGAN APLIKASI TEPAT GUNA UNTUK MENDUKUNG PELAPORAN DAN ANALISIS IRREGULARITY REL DI PT KAI

Ade Chandra Nugraha, Rahil Jumiyani, Santi Sundari, Suprihanto Suprihanto, Didik Suwito Pribadi

Abstract


Pemeriksaan kondisi jalan rel oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) saat ini sudah menggunakan Kereta Ukur EM120 yang didukung oleh aplikasi komputer yang mengendalikan banyak sensor data dengan tingkat kepresisian yang tinggi. Hal ini diterapkan karena kerusakan geometry track akan terukur dalam satuan milimeter. Sistem yang telah ditanam pada kereta ukur EM120 memerlukan perangkat aplikasi yang dapat mengolah hasil pengukuran rel kereta untuk dianalisis maupun dijadikan pendukung pengambilan keputusan. Memperhatikan kebutuhan tersebut, maka dilakukan pengembangan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk mengelola data hasil pengukuran kereta ukur EM120 dalam bentuk tabular maupun grafis yang diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam melakukan analisis hasil pengukuran geometri track. Aplikasi yang dikembangkan telah mampu membaca hasil pengukuran geometry track dan mengolahnya menjadi track speed profile dengan menggunakan empat parameter geometri, yaitu Angkatan, Pertinggian, Listringan, dan Lebar Sepur. Mengacu pada hasil pengukuran empat parameter tersebut maka akan diperoleh track quality index (TQI) yang berkorelasi dengan batas kecepatan tempuh kereta dalam melintasi track tersebut. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall process model. Luaran PkM adalah teknologi tepat guna berupa perangkat lunak aplikasi yang telah dapat digunakan oleh mitra dalam memantau hasil pengukuran kondisi rel dalam rangka mendukung proses pemeliharaan dan perawatan rel. Kegiatan dan luaran PkM ini diharapkan dapat membantu proses transformasi digital di lingkungan Divisi Prasarana PT KAI.


Full Text:

PDF

References


H. P. Sumbowo and D. Murwono, Evaluasi Sistem Perawatan Jalan Rel Lintas Stasiun Kutoarjo Stasiun Tugu, Yogyakarta: UGM, 2012.

M. R. Indonesia, "Peraturan Menteri Perhubungan tentang Persyaratan Teknik Jalur Kereta Api, PM 60 Tahun 2012," Jakarta, 2012.

M. R. Indonesia, "Peraturan Menteri Perhubungan tentang Standar dan Tata Cara Perawatan Prasarana Perkeretaapian, PM No. 32," Jakarta, 2011.

P. Weston, C. Roberts and G. Yeo, "2015," Vehicle System Dynamics 53 (7), pp. 1 - 29, April 2015.

W. Kurniawan and Rulhendri, "Tinjauan Volume Pemeliharaan Tahunan Jalan Rel Berdasarkan Hasil Track Quality Index (TQI) (Studi Kasus : Lintas Manggarai - Bogor)," Astonjadro Vol. 4 No. 2, pp. 1-17, 27 Desember 2015.

Y. Zhang, S. Ren, Y. Liu and S. Si, "A Big Data Analytics Architecture for Cleaner Manufacturing and Maintenance Processes of Complex Products," Journal of Cleaner Production , pp. 626-641, July 2017.

H.-U. Laboratory, Society 5.0 A People-centric Super-smart Society, Tokyo: The University of Tokyo, 2020.

K. K. Wandt, "Context Adapted Prognostics and Diagnostics.," in The Ninth International Conference on Condition Monitoring and Machinery Failure Prevention Technologies, (p. 10), London , 2012.

Odashima M, Azami S, Naganuma Y, et al, "Track geometry estimation of a conventional railway from car-body acceleration measurement," Mech. Eng. J. , p. 1–12, 2017.

I. Sommervile, Software Engineering, 9th ed., Boston : Pearson Educationn, Inc., 2011.

R. Rosadi dan A. Kartika, “Perencanaan Geometrik Jalan Rel Antara Banyuangi - Situbondo-Probolinggo,” Teknik Pomits, p. 1, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i2.1092

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahil Jumiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.