PENGENALAN FUNGSI DIGITAL MARKETING BAGI SISWA MAN 2 KLATEN

Dixian Bhikuning, Hera Wasiati, Indah Putri listyani, Guntur B L Pratama

Abstract


Pemasaran digital merupakan strategi untuk mempromosikan produk atau layanan melalui media sosial, yang telah menjadi sangat penting dalam konteks saat ini. Sebelumnya, perubahan signifikan dalam pendidikan di Indonesia dan di seluruh dunia terjadi setelah situasi pasca pandemi yang mengubah cara siswa dan siswi beroperasi. Sekarang, penggunaan platform digital menjadi semakin umum.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Teknologi Digital Indonesia memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Klaten untuk memahami konsep pemasaran digital lebih dalam. Ini tidak hanya mencakup aspek teknis, tetapi juga penerapannya dalam proses belajar mengajar. PKM diadakan di MAN 2 Klaten, Provinsi Jawa Tengah, dengan tujuan memperluas wawasan siswa dan siswi tentang pemasaran digital. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pandangan tentang cara membangun bisnis di era digital dengan memanfaatkan potensi yang ada di Klaten dan sekitarnya. Dengan demikian, diharapkan siswa dan siswi dapat memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya bagi diri mereka sendiri dan keluarga, tetapi juga untuk masyarakat di sekitarnya. Metodepelaksanaanyangdigunakandalamkegiatanpengabdianiniadalahmelakukanpelatihandasar-dasar pengetahuan serta membangun mindset yang benar pada digital marketing denganmateriyangdikhususkanuntukmembangun mindset para siswa dan siswi bahwa dengan teknik digital marketing akan jauh lebih mudah dan efisien dalam melakukan penjualan produk maupun jasa ,misalnya bagaimana cara mengetahui produk atau jasa apa yang sedang trending di daerah tertentu, bagaimana dengan menggunakan digital marketing bisa menjadi lebih mudah dalam memasarkan produk maupun jasa secara lebih luas dansebagainya.Selainituakandilakukanpelatihandalammenggali mindset positif dari para siswa tentang betapa mudahnya menjual melalui digital marketing .


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman et al., (Jasmani, Maduningtias and Irmal, 2019; Abdurrahman et al., 2020; Munarsih et al., 2020; Susanti, 2020; Wijoyo et al., 2020). (Urmila Dewi et al., 2018). (Chaffey, 2002).

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit (pp. 139-156). Springer Singapore.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2016). Marketing 4.0: moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons.

Putri, A. D., Kuswoyo, H., Gulo, I., Ngestirosa, E., & Febrina, E. G. (2023). Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1),




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i1.1282

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dixian Bhikuning, Hera Wasiati, ndah Putri listyani, Guntur B L Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.