PENDATAAN WARGA MISKIN DI KALURAHAN WEDOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORMS

Dison Librado, Tri Prabawa

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam pemerintahan dan program sosial seperti penanggulangan kemiskinan. Penggunaan komputer dan teknologi informasi memberikan peluang untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi informasi. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam program-program sosial adalah penargetan berbasis keluarga dengan kriteria yang komprehensif. Meskipun demikian, proses pendataan dalam program-program tersebut sering mengalami kendala, terutama terkait kompleksitas dan potensi kesalahan dalam pencatatan data. Penggunaan teknologi informasi, seperti aplikasi Google Forms, dianggap sebagai solusi yang efektif. Google Forms memberikan kemudahan dalam mengumpulkan data melalui formulir online dengan cepat dan akurat. Program pengabdian masyarakat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menggunakan Google Forms, khususnya kepada Pamong dan Perangkat Kalurahan Wedomartani. Hasil program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menggunakan Google Forms. Respon positif juga diterima dari mitra terkait. Program ini berhasil meningkatkan penerapan teknologi informasi di tingkat pemerintahan daerah, serta membantu dalam efisiensi dan akurasi proses pendataan untuk program-program sosial, khususnya dalam penanggulangan kemiskinan.


Full Text:

PDF

References


Isdijoso Widjajanti , Suryahadi Asep , dan Akhmadi, 2016, Penetapan Kriteria dan Variabel Pendataan Penduduk Miskin yang Komprehensif dalam Rangka Perlindungan Penduduk Miskin di Kabupaten/Kota, The SMERU Research Institute, Jakarta

Pemerintah Desa Wedomartani, 2020, Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Desa Wedomartani Tahun Anggaran 2019. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Sudaryo, Y., Efi, N. A. S., Medidjati, R. A., S. E., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Winaya, I. M. A., Mahendra, P. R. A., & Suastika, I. N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Siswa Berbasis Google Form Pada Kegiatan Belajar Dari Rumah Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Jurnal Komunitas Yustisia, 4(2), 626–634.

Nugroho, I., Riyanto, D., Syafahira, S., Latifah, A. A. N., Pratama, F. A., & A’la, H. K. (2022). Pendampingan Program Digitalisasi Di Muhammadiyah Boarding School Tarbiyatul Mukmin Kecamatan Salam. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 582–591.

Suryanto, A., & Wibowo, A., 2021,. Pemanfaatan Google Forms dalam Pendataan Warga Miskin di Kalurahan Wedomartani Ngemplak Sleman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 123-135.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i1.1293

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dison Librado, Tri Prabawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.