PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL PELAYANAN DESA SEBAGAI SOLUSI INOVATIF MASYARAKAT DALAM MENGURUS ADMINISTRASI PUBLIK

Dyan Yuliana

Abstract


Desa Trebungan belum memiliki media untuk menyampaikan pelayanan dan alur pelayanan yang disediakan oleh Kantor Desa Trebungan. Pelayanan administrasi di Kantor Desa Trebungan berupa surat keterangan usaha, surat keterangan belum menikah, surat domisili, surat keterangan pindah, surat kematian, dan sebagainya. Informasi tentang alur atau tata cara pelayanan di Kantor Desa Trebungan belum tervisualisasikan dengan baik. Saat ini informasi dapat diperoleh dengan datang langsung ke kantor desa. Oleh karena itu, dibuatlah media audio visual berupa video tutorial yang berisi tata cara atau langkah-langkah dalam mengurus administrasi pelayanan di Desa Trebungan. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pemahaman terhadap layanan publik di lingkungan Desa Trebungan melalui pengembangan video tutorial. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu observasi, wawancara, dan sosialisasi. Tahap-tahap pembuatan video tutorial, diantaranya penyusunan konsep dasar, pembuatan video (shoot), editing video, penyerahan video, dan sosialisasi video tutorial kepada masyarakat. Video tutorial pelayanan desa dapat membantu dan memberikan kemudahan bagi masyarakat terkait alur atau langkah-langkah pelayanan administrasi kependudukan di Desa Trebungan. Dengan demikian, pembuatan video tutorial pelayanan desa merupakan langkah progresif yang dapat membawa dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas administrasi publik di tingkat desa.

Full Text:

PDF

References


M. Mandalika and S. Syahril, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 1, pp. 85–92, 2020, doi: 10.24036/invotek.v20i1.725.

M. Marsono, “Membangun Model Pelayanan Publik Desa : Mendekatkan Pelayanan Masyarakat di Tingkat Lokal,” J. Borneo Adm., vol. 13, no. 1, pp. 1–20, 2017, doi: 10.24258/jba.v13i1.272.

H. Hermawan and E. A. Muhtar, “Pengelolaan Administrasi Umum Pemerintahan Desa dalam Perspektif Implementasi Kebijakan Publik di Desa Rian dan Desa Kapuak,” J. Adm. Reform, vol. 10, no. 1, pp. 52–69, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i1.1297

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dyan Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.