PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG DAPAT MEMBANTU MASYARAKAT PADA TINGKAT KELURAHAN

Yuwan Jumaryadi, Inge Handriani, Danny Yudin Djahidin, Yunita Sartika Sari, Misbahul Fajri, Nia Rahma Kurnianda, Bagus Priambodo

Abstract


Penerapan teknologi informasi telah menjadi kebutuhan penting bagi organisasi/perusahaan dalam menjaga operasional layanan mereka. Dalam rangka memenuhi harapan stakeholder akan pelayanan yang cepat, tepat, dan efektif, suatu organisasi/perusahaan perlu memperhatikan kebutuhan dan keinginan stakeholder untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi informasi yang dapat membantu masyarakat di tingkat kelurahan dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik serta kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dasar mengenai pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini asalah sosialisasi kepada karyawan kelurahan dan warga setempat. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap teknologi informasi, sehingga mampu memanfaatkannya secara optimal dalam mendukung pelayanan publik. Pelaksanaan pengabdian ini memberikan dampak positif dalam mempercepat adopsi teknologi di tingkat kelurahan serta memperkuat partisipasi masyarakat dalam transformasi digital.


Full Text:

PDF

References


N. Hermanto, Nurfaizah, and N. R. D. Riyanto, “Aplikasi Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Android,” J. Simetris, vol. 10, no. 1, pp. 107–116, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2799.

M. Mukhsin, “Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi,” Teknokom, vol. 3, no. 1, pp. 7–15, 2020, doi: 10.31943/teknokom.v3i1.43.

I. R. D. Hapsari, D. Santoso, and Sutaryadi, “Analisis Pelayanan Prima Pada Bidang Pencatatan Sipil Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar,” J. Inf. dan Komun. Adm. Perkantoran, vol. 2, no. 4, pp. 24–33, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap%0APELAKSANAAN

D. M. H. Fathurohman, H. H. Purba, and A. Trimarjoko, “Value stream mapping and six sigma methods to improve service quality at automotive services in Indonesia,” Oper. Res. Eng. Sci. Theory Appl., vol. 4, no. 2, pp. 36–54, 2021, doi: 10.31181/oresta20402036f.

D. K. P. Bestari, M. H. Saudi, O. Sinaga, and A. Setyadi, “The influence of Experiential Marketing, Guerrilla Marketing and Buzz Marketing in the formation of Consumer Purchase Intention in the JD.ID Marketplace,” Rev. Int. Geogr. Educ. Online, vol. 11, no. 6, pp. 382–397, 2021, doi: 10.48047/rigeo.11.06.47.

N. Ani and B. Priambodo, “Pelatihan Dan Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Mobile Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Pada Wilayah Kelurahan Meruya Selatan,” J. Abdi Masy., vol. 2, no. 1, pp. 38–44, 2016.

D. Achmad, N. Tahir, and S. R. Arfah, “Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Lajangiru Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar,” Kimap, vol. 3, no. 2012, pp. 1088–1098, 2022, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

C. Nurnovianti and N. Karniawati, “Efektivitas Aplikasi E-Kelurahan di Kota Bandung,” J. Polit. dan Pemerintah. Drh., vol. 6, no. 1, pp. 166–176, 2024.

A. Yusri, R. P. Pane, and N. Vadilah, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelurahan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 10326–10330, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2620?articlesBySimilarityPage=3

A. Tasyah, P. A. Lestari, A. Syofira, C. A. Rahmayani, R. D. Cahyani, and N. Tresiana, “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19,” J. Ilmu Adm. Media Pengemb. Ilmu dan Prakt. Adm., vol. 18, no. 2, pp. 212–224, 2021, doi: 10.31113/jia.v18i2.808.

S. Sudaryono, N. Sutisna, and L. E. Englista, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Publik Terintegrasi Pada Kecamatan dan Kelurahan (Studi Kasus : Kecamatan Citangkil Kota Cilegon),” ICIT J., vol. 7, no. 2, pp. 134–144, 2021, doi: 10.33050/icit.v7i2.1641.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i2.1464

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuwan Jumaryadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.