IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK DESAIN INTERIOR RUMAH DI LEMBANG MARINDING

Irawati Irawati, Ihwana As'ad as'ad, Abdul Rachman Manga Rachman Manga, Andi Anugrah Aqsa

Abstract


Desain Interior merupakan sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di dalam sebuah bangunan. Tujuan dari perancangan interior bukan cuma memaksimalkan fungsi ruangan tapi juga membuat penghuninya betah karena unsur estetika dan meningkatkan psikologi ruang interior. Walau begitu dalam menata sebuah ruangan membutuhkan pengaturan berulang-ulang sehingga cukup menguras waktu dan tenaga. Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sebuah aplikasi Augmented Reality secara real-time berbasis android sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mendesain interior ruangan dengan lebih efektif tanpa harus mengalami kesulitan dalam mengatur perabotan secara manual. Dengan mengimplementasikan metode Markeless Augmented Reality dan metode Plane Detection pada aplikasi yang membantu masyarakat dalam mendesain sebuah ruangan.

Hasil dari pengabdian ini yaitu masyarakat menjadi terampil dalam menjalankan Implementasi Augmented Reality (AR) untuk Desain Interior Rumah di Desa Marinding hanya dengan  menentukan posisi dan letak objek 3D sesuai keinginan dan dapat melihatnya secara langsung dari layar perangkat mobile mereka , serta  menghasilkan Software Implementasi Augmented Reality (AR) untuk Desain Interior Rumah di Desa Marinding.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Dwi Retno Sri. 2010. Antara Desain Interior dan Dekorator Interior. http://staff.uny.ac.id/dosen/dwi- retno-sri-ambarwati-ssn-msn [Diakses pada 15 Juni 2016]

. Cristian, P. Rohit, S. Johannes, P. Yoanita. 2013. Visualisasi 3 Dimensi Desain Interior Perabotan Rumah Berbasis Augmented Reality Pada Mobile Phone Dengan Sistem Operasi Android. STMIK GI MDP, Sumatera Selatan.

. Fanni Ramadhani, D. Tari Widya, H. Yulia, W. 2019. Penerapan Augmented Reality Dalam Design Interior. STMIK Sumedang, Jl. Angkrek Situ No.19, Sumedang Utara, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia.

. Famukhit, Muga Linggar. 2018. Analisis Perbandingan Media Marker Augmented Reality Menggunakan Software Unity 3d. STKIP PGRI Pacitan Jln. Cut Nya’ Dien No. 4A Ploso Pacitan. Indonesia.

. Francis D.K. Ching, 2000, Ilustrasi Desain Interior, Erlangga Jakarta.

. Kim, Y. G., & Kim, W. J. (2014). Implementation of Augmented Reality System for Smartphone Advertisements. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 9(2), 385– 392.

. Khairnar, K., Khairnar, K., Mane, S., & Chaudhari, R. (2015). Furniture Layout Application Based on Marker Detection and Using Augmented Reality. International Research Journal of Engineering and Technology, 2(7), 540-544.

. Patkar, R. S. . S. P. S. S. V. B. (2013). Marker Based Augmented Reality Using Android OS. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 3(5), 64–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i1.762

Article Metrics

Abstract view : 371 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irawati - -, Ihwana As'ad as'ad, Abdul Rachman Manga Rachman Manga, Andi Anugrah Aqsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.