EFISIENSI PENGELOLAAN DATA PROGRAM BANTUAN PEMERINTAH PADA LEMBANG MARINDING KECAMATAN MENGKENDEK KAB. TANA TORAJA

Sugiarti Sugiarti, Syahrul Mubarak

Abstract


Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwewenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Dalam pengelolaan bantuan dan anggaran yang dikelola haruslah transparan agar tidak terjadinya penyalahgunaan yang tidak diinginkan. Data-data yang berhubungan dengan penginputan data penerimaan bantuan program pemerintah pada kantor Lembang Marinding merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan data. Pencatatan dan pengelolaan data penerimaan bantuan program pemerintah di Lembang Marinding masih menggunakan penginputan data manual seperti menggunakan buku folio. Pembukuan atau penginputan data seperti ini belum efisien karena masih memerlukan waktu yang cukup lama jika ingin mengecek data-data penduduk. Masalah yang sering muncul jika berkas tercecer bahkan  hilang, adanya duplikasi data penerima, data penerima masih tercatat namun sudah meninggal dan banyak permasalahan data yang menyebabkan kecemburuan sosial di masyarakat.

Tujuan akhir kegiatan pengabdian ini adalah memberikan fasilitas/media pengelolaan pengelolaan data penerima program bantuan  pemerintah berbasis web sehingga diharapkan dapat menunjang  kegiatan administrasi pengelolaan data penerima program bantuan pemerintah menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.  Hal ini juga merupakan permintaan pihak pemerintah Kecamatan Mengkendek kepada Tim Dosen Pengabdi agar memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi di Lembang Marinding agar dapat menjadi desa percontohan bagi desa yang lain di Kecamatan Mengkendek.


Full Text:

PDF

References


Provinsi Sulawesi Selatan, “Data Kabupaten dan Kota Se-Sulawesi Selatan”, 2015.

Karmila, 2018, Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Data Bantuan Miskin Berbasis Web Pada Desa taraweang Kabupaten Pangkep, UIN Alauddin Makassar.

Dinas PU, “Penyusunan Dokumen Rencana Program Investasi Jangka Menengah Kabupaten Tanah Toraja”, tahun 2019-2023

Amiq Fahmi, 2011, Perancangan Sistem Informasi, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011), Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i1.766

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sugiarti Sugiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.