PELATIHAN PEMROGRAMAN BAHASA PYTHON PADA JURUSAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM SMKN 12 MALANG

Titania Dwi Andini, Jaenal Arifin, Setyorini ., Abdulloh Eizzy Irsyada, Rina Dewi Indahsari

Abstract


Pelatihan ini bertujuan sebagai penguatan materi dasar bahasa Python yang akan digunakan pada kurikulum jurusan Perangkat Lunak dan Gim di SMKN 12 Malang. Ada beberapa spektrum kompetensi yang diajarkan pada mitra yaitu : Program kelas Industri Android Development; Program kelas Industri Frontend Web Development dan mata pelajaran pilihan yang didalamnya salah satunya adalah IoT (internet of Things) berbasis Data Sciene. Bahasa Pemrograman Python dalam kurikulum spektrum kompetisi diberikan pada materi Backend Web Development dan penguatan pada Data Science yang secara dunia industri sangat dibutuhkan. Metode kegiatan yang dilakukan adalah ceramah, presentasi dan praktek yang dilakukan secara luring, bertempat di laboratorium RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMKN 12 Malang dengan peserta sejumlah 35 siswa. Materi yang diberikan tentang sebuah tipe data array yang berjenis LIST seperti bagaimana cara membuat List, pemahaman tentang Index, Operand dan methods data pada list. Manfaat dari kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pemahaman siswa SMKN jurusan Perangkat Lunak dan Gim tentang materi bahasa pemrograman python yang mendukung kurikulum lokal maupun nasional. Harapan ke depan materi bisa berlanjut ke tipe data array lainnya seperti TUPLE dan DICTIONARY karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan penggunaan kebutuhan data yang berbeda pula, sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam pengembangan materi dan kurikulum.


Full Text:

PDF

References


Spt-rvk, “Tingkatkan Pendidikan, Habibie: SMK Harus Lebih Diperbanyak Daripada SMA,” Detik.com, 2014. https://news.detik.com/berita/d-2500653/tingkatkan-pendidikan-habibie-smk-harus-lebih-diperbanyak-daripada-sma

Yovita, “Python Array Adalah Tipe Data yang Harus Dikuasai Sebelum Mulai Melirik Ilmu Data Science,” DQLab.id, 2020. https://dqlab.id/python-array-macam-tipe-data-yang-perlu-dikuasai

J. VanderPlas, Python Data Science Handbook. O’Reilly Media Inc., 2016.

G. A. F. Alfarisy, R. Paninggalih, W. Sartika, R. K. Abdullah, and B. Nugroho, “Pelatihan Daring Pemrograman Python Untuk,” PIKAT J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2022.

H. K. Siradjuddin and M. Fhadli, “Pelatihan Keterampilan Bahasa Pemrograman Python pada Komunitas Masyarakat Zona IT Ternate,” Tridarma Pengabdi. Kpd. Masy. Inst. Comput. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 241–245, 2022.

S. Saharuddin and M. Wisnu Prihatmono, “Pengenalan Dan Pelatihan Dasar Bahasa Pemrograman Python Pada Siswa/I Sma Negeri 3 Makassar,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 4, p. 2233, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i4.10569.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i2.880

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Titania Dwi Andini, Jaenal Arifin, Setyorini ., Abdulloh Eizzy Irsyada, Rina Dewi Indahsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.