PENGELOLAAN INSTRUMEN PEMERIKSAAN KESEHATAN MASYARAKAT DI NGUDI SARAS

Erna Hudianti Pujiarini, Dini fakta Sari, Deborah Kurniawati

Abstract


Pemeriksaan kesehatan rutin perlu dilakukan untuk deteksi dini terhadap penyakit tidak menular. Kegiatan pemeriksaan rutin juga dilakukan di Ngudi Saras. Pemeriksaan kesehatan rutin yang dilakukan meliputi pemeriksaan berat badan, tekanan darah, asam urat, gula darah dan kolesterol. Terbatasnya fasilitas pemeriksaan, dan belum tersedianya berbagai instrument pendataan data kesehatan  menjadi masalah utama yang dihadapi mitra.

Untuk menyelesaikan permasalahan dilakukan kegiatan pengabdian berupa pembuatan instrument pendataan, melaksanakan pelatihan pengelolaan data kesehatan dan pengadaan alat-alat kesehatan. Target luaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah tersedianya instrument pendataan dan beberapa alat kesehatan. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian berupa pembuatan instrumen pendataan dan pengadaan alat-alat kesehatan, melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pencatatan data kesehatan masyarakat. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, Ngudi Saras sebagai organisasi swadaya masyarakat telah memiliki berbagai instrumen pencatatan pemeriksaan kesehatan masyarakat dan beberapa alat kesehatan seperti alat pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat, timbangan berat badan, dan tensi meter.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular, 2012, Petunjuk Teknik Pos Pembinaan Terpadu Penyakit

Tidak Menular (POSBINDU PTM).

A. K.Boehme, C. Esenwa, & M. S. Elkind, ”Stroke risk factors, genetics, and prevention. Circulation

research”, 120(3), 472-495, 2017

R,C. Swari, ”Masalah kesehatan pada Lansia”. Diakses melalui https://hellosehat.com/lansia/masalahlansia/penyakitdegeneratif/#gref pada tanggal 27 Januari 2023

N. Khumaeroh, ”Determinasi diri mahasiswa pengidap penyakit degeneratif (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim), 2016.

P2PTM Kemenkes RI, ”Penyakit Tidak Menular Kini Ancam Usia Muda”,

www.p2ptm.kemenkes.go,id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/penyakit-tidak-menular-kini -ancam-usiamuda, 4 Juli 2020.

Nt-2019, ”Strategi Pencegahan dan Pengendalian PTM di Indonesia”, www.p2ptm.kemenkes.go.id/profilp2ptm/latar-belakang/strategi-pencegahan-dan-pengendalian-ptm-di-indonesia, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i2.890

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erna Hudianti Pujiarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.