PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENINGKATAN KUALIATAS SUMBER DAYA SEKOLAH: PELATIHAN KOMPUTER MICROSOFT OFFICE EXCEL

Yudo Devianto, Wawan Gunawan, Bambang Sukowo, Saruni Dwiasnati

Abstract


Pengembangan personel adalah salah satu fungsi terpenting dari manajemen personalia, yang selain pelatihan dan pendidikan lanjutan, juga mencakup perencanaan dan pengembangan karir individu, pengembangan organisasi, serta pemantauan dan evaluasi kinerja. Pelatihan dirancang untuk memberikan informasi dan keterampilan yang mendukung kinerja pribadi dan organisasi yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan seseorang. Pelatihan dan pengembangan merupakan inti dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan manusia dan efektivitas organisasi. Analisis situasi diperlukan untuk mendapatkan data terkait kondisi fisik, sarana maupun prasarana yang ada pada mitra Yayasan Asih Budi Duren Sawit, Jakarta Timur. Hasil analisis situasi inilah yang kemudian akan dijadikan pedoman dalam menentukan kegiatan PKM. Kegiatan pengabdian ini bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Kualiatas Sumber Daya Sekolah: Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel”. Kegiatan PKM ini akan dilaksanakan bersama mitra yang telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Universitas Mercu Buana, yaitu mitra Yayasan Asih Budi Duren Sawit, Jakarta Timur. Berdasarkan diskusi yang telah kami lakukan dengan mitra, beberapa masalah telah diidentifikasi. Artinya, mitra Yayasan Asih Budi Duren Sawit, Jakarta Timur, secara keseluruhan para guru  membutuhkan pengetahuan untuk menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel dalam membantu untuk melakukan pengolahan data. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain, memberikan informasi dan pengetahuan umum tentang apa itu aplikasi Microsoft Office Excel dalam bentuk pelatihan, dan pendampingan dalam pelatihan tersebut, serta memberikan modul pelatihan tentang aplikasi Microsoft Office Excel untuk para peserta pelatihan, sebagai sumber informasi dalam pelatihan. Hasil dalam pelatihan ini dapat terlihat pada potensi dan kemampuan penyerapan dari materi yang dipaparkan, terlihat sangat baik, para peserta mengerti apa yang telah dipaparkan oleh narasumber. Keberhasilan pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari tolak ukur dapat dilihat respon positif dari peserta PKM.

Full Text:

PDF

References


A. Niati, A. Soelistiyono, and T. Ariefiantoro, “Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen,” E-DIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, pp. 105–110, 2019.

A. Rahman, F. Yuridka, and M. Sari, “PELATIHAN KOMPUTER PROGRAM MICROSOFT EXCEL 2013 PADA SMAN 12 BANJARMASIN,” J. Al-Ikhlas, vol. 1, no. 1, pp. 5–10, 2015.

R. Yusri, S. Edriati, and R. Yuhendri, “PELATIHAN MICROSOFT OFFICE EXCEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGOLAH DATA,” Rangkiang J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 32–37, 2020.

R. Rizaldi, “Pelatihan pengolahan data administrasi perkantoran menggunakan aplikasi microsoft excel pada balai desa pinanggripan kecamatan air batu kabupaten asahan,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 2, no. 2, pp. 107–114, 2019.

F. V. Riza and R. Ariani, “Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Excel pada Unit Up2k di Desa Galang Suka,” in Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 373–377.

Wikipedia, “DKI JAKARTA,” id.wikipedia.org, 2022. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta. [Accessed: 01-Jul-2022].

Wikipedia, “Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur,” Wikipedia.org, 2023. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Duren_Sawit,_Jakarta_Timur.

U. Salamah, Y. Jumaryadi, and B. Priambodo, “Edukasi Pengolahan Data Statistik Menggunakan Excel Untuk Staff Dan Guru Sd,” J. Pasopati Pengabdi. Masy. dan Inov. Pengemb. Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 44–50, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i2.971

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yudo Devianto, Wawan Gunawan, Bambang Sukowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.