PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PASAR SENI DAN WISATA GABUSAN, SEWON, BANTUL, D.I.Y

Yuliantoharinugroho Yuliantoharinugroho, Wilis Fahlefi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kepuasan pengunjung Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DIY. Penelitian ini menggunakan variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible sebagai variabel bebas untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kepuasan pengunjung sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DIY. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Populative Random Sampling dengan sampel yaitu sebanyak 103 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda yang diolah dengan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh reliability (kehandalan) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan thitung sebesar -0,220. Tidak ada pengaruh responsiveness (daya tanggap)terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 0,986. Tidak ada pengaruh assurance (jaminan) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai nilai thitung sebesar 1,906. Ada pengaruh emphaty (empati) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,388. Tidak ada pengaruh variabel tangibles (berwujud) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai nilai thitung sebesar 0,654. Hasil Uji F (ANOVA) membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang tangibles (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (respon/ ketanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan nilai Fhitung = 7,704 dan tingkat signifikansi 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05.

Full Text:

PDF

References


Fahlefi, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. JBMA.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Liu, V. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen, Studi Kasus pada Konsumen di Goeboex Coffee Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma: Skripsi.

Pasolong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Rofik, M. (2013). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA TERJHADAP LOYALITAS PERAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Albama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. (2012). Dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi Dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Yoeti, O. (2005). Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Yuliantoharinugroho. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Khusus Ibu Dan Anak. Albama.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/manise.v1i1.577

Article Metrics

Abstract view : 219 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuliantoharinugroho Yuliantoharinugroho, Wilis Fahlefi




MANISE "Manajemen, Bisnis dan Ekonomi"

Published by

Fakultas Manajemen dan Bisnis
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664