PENDAMPINGAN MENGGUNAKAN PLATFORM BELAJAR.ID DI SMA PLUS CITRA MADINATUL ILMI BANJARBARU

Khairullah Khairullah, Wahyudi Ariannor, Budi Susarianto

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa di SMA Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru tentang penggunaan platform belajar.id sebagai sarana pembelajaran digital. Dengan latar belakang pesatnya perkembangan teknologi informasi, pemerintah menyediakan akun belajar.id untuk mendukung digitalisasi pendidikan. Namun, pemanfaatannya belum maksimal, terutama di kalangan siswa. Kegiatan ini dimulai dengan analisis situasi, pelatihan penggunaan platform belajar.id, dan evaluasi hasil. Pelatihan mencakup pengenalan fitur-fitur seperti Google Classroom dan Google Meet, diikuti dengan praktik langsung untuk memastikan siswa dapat mengoptimalkan alat-alat tersebut. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan antusiasme tinggi dari peserta. Kegiatan ini mampu memperkuat kemampuan siswa dalam menjalankan pembelajaran daring dan mendorong implementasi teknologi pendidikan secara lebih efektif.


Full Text:

PDF

References


Al-Labadi, L., & Sant, S. (2021). Enhance learning experience using technology in class. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 44-52. doi:doi.org/10.3926/jotse.1050

Arifin, J., Andini, T. D., Setyorini, S., Irsyada, A. E., & Indahsari, R. D. (2023). PELATIHAN PEMROGRAMAN BAHASA PYTHON PADA JURUSAN PERANGKAT LUNAK DAN GIM SMKN 12 MALANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia, 2(2), 42-48. doi:10.26798/jpm.v2i2.880

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. George Washington University. Washington DC: ASHE-ERIC Higher Education Report.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Plenum Press.

Horn, M. B., & Staker, H. (2015). Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools. San Francisco: Jossey-Bass.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020, Januari 10). Home: Akun belajar.id. (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) Dipetik Agustus 23, 2024, dari Akun belajar.id: https://belajar.id/

Kovalchuk, V. I., Maslich, S. V., & Movchan, L. H. (2023). Digitalization of vocational education under crisis conditions. Educational Technology Quarterly, 2023(1), 1-17. doi:doi.org/10.55056/etq.49

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Pratiwi, A. S., Maulana, D., & Ariannor, W. (2024). Heuristic-Based Usability Evaluation of Investment and Integrated Service Office Website. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 13(1), 743-754.

Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. Cognitive Science, 12(2), 257-285.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v3i2.1432

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khairullah Khairullah, Wahyudi Ariannor, Budi Susarianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.