MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI LINTAS BIDANG MELALUI WORKSHOP PENYUSUNAN ASESMEN BAGI GURU DI SMPN 3 BELINYU
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan menjadi fokus utama pemerintah untuk mencetak generasi penerus yang unggul. Salah satu indikator evaluasi yang digunakan adalah hasil PISA (Programme for International Student Assessment), yang dirilis setiap empat tahun. Berdasarkan rapor pendidikan, kemampuan numerasi siswa SMPN 3 Belinyu berada pada kategori "sedang". Wawancara dengan guru mengungkap bahwa budaya numerasi belum diintegrasikan secara menyeluruh dalam semua mata pelajaran, meskipun numerasi merupakan kemampuan dasar yang penting dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan numerasi melalui pelatihan lintas bidang studi. Pendekatan yang digunakan adalah workshop-based training, yang dirancang untuk melibatkan peserta secara aktif dalam pembelajaran berbasis praktik. Pelatihan dimulai dengan penyampaian materi mengenai konsep dan penerapan numerasi, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan asesmen numerasi yang relevan sesuai mata pelajaran masing-masing. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, melibatkan dua guru dari bidang studi yang berbeda. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa numerasi dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam berbagai mata pelajaran. Produk yang dihasilkan berupa asesmen numerasi yang relevan dengan materi ajar, yang mendukung peningkatan literasi numerasi di SMPN 3 Belinyu. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan numerasi ke dalam pembelajaran, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud, Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia. Jakarta: Jakarta. Direktorat Sekolah Menengah Pertama, 2021. [Online]. Available: https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/uplo ad/file/200_1648811699.pdf
T. Kurniati and N. A. Wiyani, “Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0.,” J. Ilm. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 182–192, 2022, doi: 10.23887/jipp.v6i1.41411.
M. A. Syamsuddin and B. T. Harianto, “Analisis Rapor Pendidikan sebagai Dasar Penyusunan Program Berbasis Data,” Khazanah Intelekt., vol. 7, no. 2, pp. 1717–1732, 2023.
I. N. Kiriana and N. N. S. Widiasih, “Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasiona,” WIidya Accarya J. Kaji. Pendidik. FKIP Univ. Dwijendra, vol. 14, no. 2, pp. 156–164, 2023, doi: 10.46650/wa.14.2.1462.156-164.
D. Shintia, M. Asbari, F. Khairunisa, and N. Azizah, “Rapor Pendidikan Indonesia: Quo Vadis Kualitas Pendidikan Indonesia?,” JISMA J. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 6, pp. 18–21, 2023, doi: 10.4444/jisma.v2i6.633.
Kemendikbudristek, PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Jakarta: Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2023.
J. Craig, “The Promises of Numeracy,” Educ. Stud. Math., vol. 99, no. 9, pp. 57–71, 2018.
Pengelola Web Direktorat SMP, “Bagaimana Cara Membaca dan Memahami Rapor Pendidikan,” Direktorat SMP, 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/bagaimana-cara-membaca-dan-memahami-rapor-pendidikan/
N. Novita, Muliani, and Mellyzar, “Pelatihan Pengembangan Soal Matematika dan Sains Berbasis Numerasi Pada Guru Untuk Menunjang Asesmen Nasional,” SELAPARANG. J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 1, pp. 486–493, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7761.
M. M. E. K. Susetyawati, “Pengembangan Butir Soal Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP di Yogyakarta,” IJOEHM Indones. J. Educ. Humanit., vol. 2, no. 2, pp. 52–61, 2022.
A. Winata and I. S. R. Widiyanti, “Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science,” J. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 498–508, 2021.
K. O’Sullivan and G. Merrilyn, “Numeracy Across the Curriculum in Initial Teacher Education,” USC Aust., pp. 1–17, 2022, doi: 10.1093/acrefore/9780190264093.013.1530.
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v4i2.1520
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Elisa Mayang Sari, Indah Riezky Pratiwi, Novitasari Novitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- https://jurnal.narotama.ac.id/
- https://www.spb.gba.gov.ar/campus/
- https://revistas.unsaac.edu.pe/
- https://proceeding.unmuhjember.ac.id/
- https://ejournal.uki.ac.id/
- https://random.polindra.ac.id/
- https://scholar.ummetro.ac.id/
- https://ejournal.uika-bogor.ac.id/
- https://www.iejee.com/
- https://e-journal.iainptk.ac.id/
- https://journal.stitpemalang.ac.id/
- https://revistas.unimagdalena.edu.co/
- https://catalogue.cc-trieves.fr/
- https://revistas.tec.ac.cr/
- https://jurnal.poltekapp.ac.id/
- https://ojs.ucp.edu.ar/
- https://ihcway.sakura.ne.jp/
- http://www.apps.buap.mx/
- http://media-ojs.vls.icm.edu.pl/
- https://saber.unioeste.br/
- https://cinnda.org/
- https://jurnal.untidar.ac.id/
- https://ojs.adzkia.ac.id/
- https://supp.journalrmc.com/
- https://journal.thamrin.ac.id/
- https://ejurnal.unima.ac.id/
- https://journal.umpalopo.ac.id/
- https://ejournal.upnvj.ac.id/
- https://journal.ittelkom-pwt.ac.id/
- https://ojs.unpatompo.ac.id/
- https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/
- https://jurnal.ppi.ac.id/
- https://revistas.urp.edu.pe/

1.png)



