PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER BAGI GURU MGMP PAI TINGKAT SMA DI KABUPATEN BANTUL

Siska Lidya Revianti, Femi Dwi Astuti, Pius Dian Widi Anggoro

Abstract


Proses belajar mengajar di sekolah tingkat SMA di Kabupaten Bantul pada masa darurat Covid-19 dilakukan secara daring. Semua proses pembelajaran beralih dari pembelajaran tatap muka (PTM) di kelas ke pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang banyak dilakukan dengan menggunakan teknologi ponsel cerdas atau smartphone. Guru-guru pendidikan agama Islam yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) Tingkat SMA se-kabupaten Bantul memiliki kesulitan dalam mengubah materi pembelajaran dari materi PTM menjadi materi PJJ. Selain permasalahan kesediaan perangkat komputer yang masih terbatas, pihak mitra juga mengalami kendala dalam pembuatan video pembelajaran karena belum memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup memadai. Melalui pengabdian ini akan diberikan pelatihan dengan menggunakan aplikasi Kinemaster untuk editing video dan membuat materi pembelajaran yang menarik di ponsel cerdas. Pengabdian ini diawali dengan melakukan analisa situasi dan kebutuhan Mitra, mengidentifikasi permasalahan, menentukan tujuan dan rencana kegiatan, melaksanakan pelatihan, monitoring dan evaluasi. Pengabdian diikuti oleh 35 peserta, dilaksanakan secara online melalui pertemuan dengan menggunakan aplikasi Zoom. Antusias dari para peserta pengabdian ini sangat baik, terbukti dari hasil kuesioner dari peserta pelatihan yang menyatakan bahwa isi materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan mereka dan cara penyampaian materi dalam pelatihan juga baik dan jelas.


Full Text:

PDF

References


N. Zhafira, Y. Ertika and Chariyianto , "Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19," Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, vol. 4, no. 1, pp. 37-45, 2020.

C. Riyana, Pedoman Pengembangan Media Video, Program P3AI, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia., 2020.

M. Agarina, S. Sutedi, A. Karim and L. Septarina , "Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Pembelajaran daring dengan Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Bagi Guru SDIT di Lampung," in Seminar Nasional Darmajaya, Sep 8, 2021.

A. Darmawan, A. Prihatin, Y. K. Pradana and W. Mukti, Modul 10-Modul Pembelajaran Berbasis TIK_Pembuatan Media Video Pembelajaran, Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v1i1.573

Article Metrics

Abstract view : 302 times
PDF - 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siska Lidya Revianti, Femi Dwi Astuti, Pius Dian Widi Anggoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.