PENDAMPINGAN DAN OPTIMALISASI WAWASAN SISWA SD DI DESA SODO TENTANG LITERASI BUDAYA DAN SENI

Nourma Oktaviarini, Rohmatus Syafi’ah, Nurna Listya Purnama Sari

Abstract


Melalui Seni dan Budaya, siswa berpeluang untuk meningkatkan potensi kreatif dan kesadaran budaya nusantara yang multikultur. Oleh karena itu kehadiran seni dan budaya ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Pemberian materi seni dan budaya pada lingkup sekolah dasar menjadi sangat penting dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan budaya sejak dini. Faktanya yang terjadi pada siswa SD di desa Sodo Pakel Tulungagung adalah rendahnya tradisi literasi sehingga wawasan siswa SD terkait seni dan budaya menjadi sangat terbatas. Kesadaran terkait tradisi literasi ini perlu dibangun diantaranya dengan jalan membaca, menulis, dan selain itu dapat pula dilakukan dengan melakukan aktivitas konkrit berupa pengamatan dan pembacaan langsung atas realitas yang dihadapi siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan wawasan budaya dan seni siswa SD tersebut maka dilakukan kegiatan pendampingan literasi khususnya terkait budaya dan seni yang bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi siswa SD di desa Sodo Pakel Tulungagung dengan harapan dapat meningkatkan wawasan siswa SD tersebut terkait budaya dan seni. Metode kegiatan program PkM ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, evaluasi program, dan pelaporan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya ketertarikan dari siswa SD di desa Sodo tentang kesenian dan kebudayaan sehingga wawasan siswa terkait budaya dan seni meningkat dari sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Ayu N, A. D., Putri, F. A., & Felicia . (2020, Januari 31). LITERASI BUDAYA MELALUI TAKE AND GIVE PICTURE MENGGUNAKAN ANJUNGAN KEARIFAN LOKAL. anonim, pp. 1-5.

Dimyati , & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Larasati, D. (2021). PENGEMBANGAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN KEPADA SISWA DIASPORA INDONESIA DI COMMUNITY LEARNING CENTER (CLC) PERMATA LOHAN, RANAU,SABAH, MALAYSIA. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sularso. (2015, Desember 22). Membangun Kesadaran Budaya Melalui Tradisi Literasi: Upaya Peningkatan Kompetensi Pendidik Sekolah Dasar di Bidang Seni dan Budaya. ResearchGate, pp. 1-5.

Uzer, U. M. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v1i2.682

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nourma Oktaviarini, Rohmatus Syafi’ah, Nurna Listya Purnama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.