IMPLEMENTASI SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT KULIT BINTIK MERAH PADA BAYI DESA MARINDING KECAMATAN MANGKENDEK KAB.TANA TORAJA

Lilis Nur Hayati, Harlinda Harlinda, Halimahtul Wildan, Ali Munawir

Abstract


Bayi umumnya memiliki kulit yang sensitif sehingga rentan mengalami iritasi dan masalah kulit lainnya, termasuk bintik merah. Munculnya bintik merah pada kulit bayi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari suhu panas, reaksi alergi, paparan bahan kimia, hingga infeksi virus atau bakteri. Penyakit pada kulit pada bayi dianggap biasa oleh banyak orang tua, sehingga bayi hanya diberi obat tanpa resep dokter yang dapat berakibat fatal. Meski ada dokter spesialis, namun jam kerjanya pendek dan antrian yang memakan waktu cukup lama. Perangkat Desa Puskesmas dan Orang tua membutuhkan ahli yang dapat mendiagnosis penyakit kulit pada tahap awal maka diperlukan sistem yang memudahkan dalam penangan dini pada bayi bagi Perangkat Desa Puskesmas  dan orang tua. Perangkat Desa Puskesmas bertugas membangun Kesehatan masyarakatnya dan membina masyarakat dalam meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat dan memberikan pelayanan Kesehatan secara menyeluruh sehingga dengan adanya PkM Lektor Fakultas Ilmu Komputer  UMI  dalam Implementasi Sistem Diagnosa Penyakit Kulit Bintik Merah Pada Bayi.  Hasil Kegiatan yang dapat mempermudah Perangkat Desa Puskesmas dan Orang Tua dalam dalam menangani gangguan kulit yang diderita oleh bayi mereka sejak dini, mengetahui jenis penyakit, gejala dan tindakan penanganannya.


Full Text:

PDF

References


L. E. Wurdiana Shinta, “Hasil Cek Similarity: Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuk Hulu Kabupaten Landak,” J. Edudikara, vol. 2, no. 2, pp. 3–5, 2021.

V. Viviliani and R. Tanone, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit pada Bayi dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2019, doi: 10.28932/jutisi.v5i1.1577.

C. H. Soetjiningsih, Seri psikologi perkembangan: perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir, Pertama. Kencana, 2018.

P. H. Husna Sari, Erlina Hayati, Septa Dwi Insani, “Pengaruh Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) Terhadap Ruam Popok Pada Bayi Di Klinik Kasih Ibu Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022,” J. Penelit. Kebidanan Kespro, vol. 5, no. 1, 2022.

Suparyanto dan Rosad, “Modul Teori Keperawatan Anak,” Progr. Stud. DIII Keperawatan, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2021.

P. Leksono and S. Nita, “Aplikasi Berbasis Android Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas PGRI Madiun Program Studi Teknik Informatika - Universitas Pgri Madiun | 1,” Ranc. BANGUN Sist. Inf. Konsult. MEDIS Berbas. WEBSITE Pandu, vol. 0, no. 2015, pp. 55–60, 2018.

Y. Yudriani, E. C. Djamal, and R. Ilyas, “Optimalisasi Penjadwalan Jaga Dokter dan Tenaga Medik di Rumah Sakit Dustira Menggunakan Algoritma Genetika,” no. September, pp. 40–44, 2017.

M. N. Purnawansyah, Lilis Nur Hayati, Muhammad Ikhsan Supriyadi, Resky Anugrah, “Optimasi Web Sumber Daya Lokal untuk Pengembangan Potensi Desa pada Lembang Marinding Desa Kandora,” Ilmu Komput. untuk Masy., vol. 2, no. 2, pp. 35–42, 2021.

H. Ihwana et al., “Diagnosis of Human Skin Fungi Using Fordward Chaning Method,” vol. 3, no. 3, 2022.

N. E. Junita, R. Yesputra, and A. Dermawan, “Web-Based Diagnosis Of Child Diarrhea Penerapan Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining,” vol. 3, no. 3, 2022.

F. S. Aji, F. A. Amrin, M. D. Wal Ikram, and L. N. Hayati, “Gelang Pendeteksi Keberadaan Anak Dan Menggunakan Tombol Darurat,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 129–134, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.422.129-134.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jpm.v2i1.761

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 363 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lilis Nur Hayati, Harlinda Harlinda, Halimahtul Wildan, Ali Munawir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT -
TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)
Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan,
Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

Creative Commons License

JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.