Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Ketidakdisiplinan Siswa Pada MTs Al-Ihsan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Sofwatunnisa Sofwatunnisa, Han Sulaiman, Indra Kurniawan

Abstract


Disiplin siswa adalah aspek penting dalam pendidikan, berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membentuk karakter siswa. Di MTs Al-Ihsan, penilaian disiplin siswa yang masih manual dan subyektif menimbulkan tantangan dalam memonitor ketidakdisiplinan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan berbasis teknologi yang dapat membantu proses penilaian menjadi lebih efisien, objektif, dan aman. Metode penelitian yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW), yang dipilih karena kemampuannya untuk menilai berbagai kriteria dengan bobot yang berbeda. Kriteria penilaian yang digunakan adalah kehadiran, kerapian, kepribadian, dan kedamaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mempermudah proses penilaian ketidakdisiplinan siswa dengan lebih efisien dan objektif. Data ketidakdisiplinan siswa dapat tersimpan dengan aman dan tersusun secara terstruktur. Sistem ini juga mampu mempercepat proses pembuatan laporan penilaian ketidakdisiplinan siswa, sehingga guru dapat memberikan umpan balik yang lebih cepat dan tepat. Disiplin siswa adalah aspek penting dalam pendidikan, berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membentuk karakter siswa. Di MTs Al-Ihsan, penilaian disiplin siswa yang masih manual dan subyektif menimbulkan tantangan dalam memonitor ketidakdisiplinan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan berbasis teknologi yang dapat membantu proses penilaian menjadi lebih efisien, objektif, dan aman. Metode penelitian yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW), yang dipilih karena kemampuannya untuk menilai berbagai kriteria dengan bobot yang berbeda. Kriteria penilaian yang digunakan adalah kehadiran, kerapian, kepribadian, dan kedamaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mempermudah proses penilaian ketidakdisiplinan siswa dengan lebih efisien dan objektif. Data ketidakdisiplinan siswa dapat tersimpan dengan aman dan tersusun secara terstruktur. Sistem ini juga mampu mempercepat proses pembuatan laporan penilaian ketidakdisiplinan siswa, sehingga guru dapat memberikan umpan balik yang lebih cepat dan tepat. 

Full Text:

PDF

References


A. Rochman, A. Sidik, and N. Nazahah, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 8, no. 1, 2018.

M. Sobri, Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar, 1st ed. Praya: Guepedia, 2020.

Musrifah, “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Menaati Tata Tertib Di MTs DDI Kaluppang Kabupaten Pinrang,” IAIN Parepare, 2019

S. Mamonto et al., Disiplin dalam Pendidikan, 1st ed. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.

M. Riadi, “Sistem Pendukung Keputusan (SPK),” 10 November 2002. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2022/02/sistem-pendukung-keputusan-spk.html. [20 May 2024].

G. S. Mahendra et al., Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Penerapannya dalam Berbagai Metode, 1st ed. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

S. Mulyati, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting untuk Penentuan Prioritas Pemasaran Kemasan Produk Bakso Sapi,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 1, no. 1, pp. 33–37, 2016.

A. Ahmad and Y. I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 1, no. 2, pp. 101–108, 2020.

Y. B. Safira and S. W. Purtiningrum, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Ketidakdisiplinan Siswa Menggunakan Metode SAW Berbasis Web (Studi Kasus : MA Al-Muddatsiriyah),” ikraith-informatika, vol. 7, no. 1, 2022.

R. A. Sukamto and M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung, 2016.

A. Iskandar et al., Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

M. Yanto, P. E. Bima, M. Bahron, and I. H. Ikasari, “Pemrograman Menggunakan Java NetBeans,” BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia, vol. 1, pp. 367–377, 2023.

A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. 2016.

Tumini and M. Fitria, “Penerapan Metode Scrum Pada E-Learning STMIK Cikarang Menggunakan PHP dan MySQL,” Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 6, no. 1, pp. 12–16, Mar. 2021.

B. F. T. Sopian and Ermatita, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Paket Layanan Internet,” Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v3i2.1408

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sofwatunnisa

Jurnal Teknologi Informasi

Published by
Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN


Creative Commons License

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" 
by Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Teknologi Digital Indonesia 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.