IMPLEMENTASI VUFORIA PADA APLIKASI AUGMENTED-REALITY PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA

Laurentius Rezaldi, Muhammad Agung Nugroho, Pius Dian Widi Anggoro

Abstract


Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang memiliki interaksi dengan mengintegrasikan benda nyata dan virtual untuk menampilkan objek 3D yang ditampilkan pada layar. Augmented reality memiliki cara kerja dengan melakukan pendeteksian citra atau gambar yang dikenal dengan marker, model pemanfaatannya dengan kamera smartphone kemudian melakukan deteksi pada marker yang telah dicetak. Augmented reality umum digunakan di bidang pendidikan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik dan interaktif. Teknologi ini diujicobakan dalam media pembelajaran tata surya. Penerapan augmented reality dapat menampilkan objek berupa objek planet secara virtual dalam bentuk 3D dengan memanfaatkan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera smartphone android memberikan output tampilan dalam bentuk objek 3D, tujuannya agar pengguna aplikasi dapat mengamati bentuk dan karakteristik planet secara secara realtime. Aplikasi augmented reality untuk pembelajaran sistem tata surya secara fungsional dapat berjalan dengan baik melalui pengujian blackbox pada setiap fiturnya

Full Text:

PDF

References


P. D. W. Anggoro, “Sistem pelacakan posisi pengguna menggunakan marker-based AR dalam menjelajahi galeri museum VR,” J. Teknol. Dan Sist. Komput., vol. 7, no. 4, pp. 134–140, Oct. 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.4.2019.134-140.

I. Novitasari, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN OBJEK BERSEJARAH PADA MUSEUM RA. KARTINI DI REMBANG,” Skripsi, Universitas Semarang, 2020. [Online]. Available: http://repository.usm.ac.id/files/skripsi/G21A/2016/G.211.16.0066/G.211.16.0066-15-File-Komplit-20200914014125.pdf

M. Ismail, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED BERBASIS ANDROID,” skripsi, STMIK AKAKOM Yogyakarta, 2017. Accessed: Jan. 09, 2023. [Online]. Available: https://eprints.utdi.ac.id/4950/

J. Hocking, Unity in Action, Third Edition: Multiplatform Game Development in C#. Simon and Schuster, 2022.

M. Sarosa, A. Chalim, S. Suhari, Z. Sari, and H. B. Hakim, “Developing augmented reality based application for character education using unity with Vuforia SDK,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1375, no. 1, p. 012035, Nov. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1375/1/012035.

C. H.-145410068 Pratomo, “IMPLEMENTASI VUFORIA SDK PADA AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN MOTIF BATIK BERBASIS IOS,” skripsi, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, 2018. Accessed: Jan. 09, 2023. [Online]. Available: https://eprints.utdi.ac.id/7286/

R. Yulianti, “AUGMENTED REALITY OBYEK REKREASI MENGGUNAKAN UNITY 3D,” diploma, Universitas AMIKOM Yogyakarta, 2017. Accessed: Jan. 09, 2023. [Online]. Available: https://eprints.amikom.ac.id/3892/

A. Burhanudin, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM,” J. Pendidik. Tek. Mekatronika, vol. 7, no. 3, Art. no. 3, May 2017, Accessed: Jan. 09, 2023. [Online]. Available: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mekatronika/article/view/8603

S. L. Revianti and P. D. W. Anggoro, “Interaksi Kolaboratif Menggunakan Virtual Reality Berbasis Web DALAM pembelajaran Bahasa Inggris,” JIKO J. Inform. Dan Komput., vol. 6, no. 1, pp. 102–114, 2022.

T. Zebua, B. Nadeak, and S. B. Sinaga, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D,” J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2020, doi: 10.30865/pengabdian.v1i1.2288.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v1i2.805

Article Metrics

Abstract view : 706 times
PDF - 557 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Laurentius Rezaldi, Muhammad Agung Nugroho, Pius Dian Widi Anggoro

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi"

Published by
Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN


Creative Commons License

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" 
by Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Teknologi Digital Indonesia 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.