Sistem Informasi Helpdesk Dalam Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Diskominfo dan SP

Sri Susanto, Mulyati Mulyati

Abstract


Pelayanan yang baik menentukan kemajuan dari sautu instansi. penggunaan teknologi informasi kepada semua staf sangat banyak manfaatnya. Dan masih terdapat beberapa layanan TI yang mengalami kerusakan atau insiden pada Diskominfo,  di mana insiden tersebut dapat mengganggu kegiatan dan layanan operasional dalam organisasi. Oleh karena itu di butuhkan sistem helpdesk yang berfungsi sebagai lapisan pertama yang harus dihubungi oleh end user bila mereka mendapatkan masalah. Untuk mendukung proses tersebut penulis merancang aplikasi helpdesk yang memiliki fungsi penginputan keluhan staf, pencatatan proses penanganan keluhan dari staf, menyimpan dan mengolah informasi dari staf dalam database yang nanti nya bisa menjadi data untuk pengembangan dan perbaikan untuk mencegah gangguan terulang. Sistem dikembangkan dengan metodologi Rational Unified Proccess (RUP) dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. PHP sebagai bahasa pemrograman yang mudah di mengerti oleh programmer web serta bersifat Open Source dan MySQL sebagai sistem manajemen database yang dapat di andalkan dan penggunaannya mudah untuk dipahami.

Full Text:

PDF

References


Al-Hawari, F., & Barham, H. (2021). A machine learning based help desk system for IT service management. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 33(6), 702–718. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2019.04.001

Ardhiansyah, M. (2019). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi Penerapan Model Rapid Application Development pada Aplikasi Helpdesk Trouble Ticket PT. Satkomindo Mediyasa. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 2(2), 2654–4229. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI43

Azmi Farhan. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Layanan Ticketing Helpdesk Berbasis Web (Studi Kasus: Pt. Ussi Bandung). http://epub.imandiri.id

Chanchad, Y., Kanade, S., & Singh, P. R. (2023). HelpDesk Ticketing System. May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15203.43044

Chanchad, Y., Sardar, K., Kanade, S., & Singh, P. R. (2023). Maximizing Efficiency and Customer Satisfaction with Modern Helpdesk Ticketing System. April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13637.12003

Damayanti, D. A. S., Suyadnya, I. M. A., & Khrisne, D. C. (2021). Helpdesk Ticketing Information System Based on Android at Communication and Information Department of Badung Regency. Journal of Electrical, Electronics and Informatics, 5(2), 41. https://doi.org/10.24843/jeei.2021.v05.i02.p01

Hermanto, B., & Yusman, M. (2019). © 2019 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve Jurnal Komputasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN PADA PT . HULU BALANG © 2019 Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve Jurnal Komputasi. 7(1), 17–26.

Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78

Malik, I. D., Fauzi, R., & Musnansyah, A. (2020). Perancangan Fitur Aplikasi Help Desk Ticketing Berbasis Website Pada Seksi Admin Untuk Tindakan Perbaikan Perangkat TI Menggunakan Metode Extreme Programming Studi Kasus : PT Lestari Banten Energi Design Features of Website-Based Help Desk Ticketing App. E-Proceeding of Engineering, 7(2), 7298–7304.

Mediana, D., & Nurhidayat, A. I. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel ( Studi Kasus di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya ). Jurnal Manajemen Informatika, 8(2), 75–81. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/TIK/article/view/1495/1617

Pamnungkas, R. W. P., Alexander, A. D., & Reza, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Website Design Methode Dalam Mendukung Tata Kelola Teknologi Informasi. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(2), 201. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i2.141

Ridwan, Mohammad, et all. (2019). Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web. (JUTIS) Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 71–82.

Sandi Hendrawan Hutabarat. (2020). Perancangan Sistem Informasi Helpdesk It. 1–64.

Tarigan, R., Kusosi, I., & Usri, A. (2022). Perancangan Aplikasi Helpdesk Ticketing System Pada PT. Indonesia Nippon Seiki. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(1), 9–18. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1271

Wonohardjo, E. P., Putra, A. H., & Yossy, E. H. (2022). Design of Web-Based Helpdesk Ticketing System at PT DENSO Indonesia. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.33558/piksel.v10i1.3183




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v2i1.961

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Susanto Kusyadi

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi"

Published by
Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN


Creative Commons License

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" 
by Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Teknologi Digital Indonesia 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.