Analisis Faktor Kesuksesan Aplikasi HRIS Mobile Menggunakan Model Delone And Mclean

Marcellinno Kusuma Putra, Ahmad Farisi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesuksesan aplikasi Human Resource Information System (HRIS) berbasis mobile di PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang. Penelitian ini menggunakan Model Delone and Mclean sebagai kerangka analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang yang telah menggunakan aplikasi HRIS mobile. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SmartPLS untuk mengevaluasi hubungan antara faktor-faktor dalam model Delone and Mclean dan keberhasilan aplikasi HRIS mobile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna, dan manfaat yang dirasakan oleh pengguna berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan aplikasi HRIS mobile. Kualitas sistem dan kualitas informasi menjadi faktor kunci dalam mencapai keberhasilan aplikasi HRIS mobile di PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Nani, and Entin Sutinah, “Model DeLone And McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru.” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 3, no. 2, p. 76–82, 2019.

Hasanah, Nur, dan Hidayatus Sibyan, “Analisis Tingkat Keberhasilan Website E-Commerce UKM Gondoarum Dengan Model DeLone And McLean.” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol. 12, no. 1, p. 242–247, 2021.

Herlambang, Admaja Dwi, Satrio Hadi Wijoyo, Aditya Rachmadi, dan Cindy Felita Nur Alimah, “Evaluasi Berbasis Kriteria Untuk Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan Berdasarkan Model DeLone And McLean.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer vol. 6, no. 3, p. 315. 2019.

Hidayatullah, Syarif, “Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 6, no. 1, p. 2020.

Hudin, Jamal Maulana, dan Dwiza Riana, “Kajian Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Accurate Di Kota Sukabumi.” Jurnal Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, p. 1, 2016.

Krisbiantoro, Dwi, dan Retno Waluyo, “Analisis Keberhasilan Sistem Informasi Di Dapodikdas Purbalingga Menggunakan Model DeLone And McLean.” JUITA : Jurnal Informatika, vol. 5, no. 2, p. 73, 2018.

Kristy, Rellanti Diana, dan Wahyu Danhyka Kusuma, “Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang.” Teknika: Engineering dan Sains Journal, vol. 2, no. 1, p. 17, 2018.

Nurhaida, Adiba Muthia, dan Wahyu Manuhara Putra, “Pengujian Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah Dengan Model Adaptasi DeLone & McLean.” Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, vol. 3, no. 1, p. 2019.

Parera, Sunan, Husni Teja Sukmana, dan Luh Kesuma Wardhani, “Penerapan Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Kelas (Studi Kasus: Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Jakarta).” 2016 4th International Conference on Cyber dan IT Service Management, vol. 1, no. 5, p ., 2016.

Puspitasari, Tri, Danriani Kusumawati, dan Sujarwoto Sujarwoto, “Aplikasi Model DeLone And McLean Untuk Mengukur Keberhasilan Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian masyarakat Di Universitas Brawijaya.” Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis, vol. 10, no. 1, p. 94–104, 2020.

Sanjaya, Iman, dan Awangga Febian Surya Admaja, “Pengukuran Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Frekuensi (SIMF) Dengan Model DeLone And McLean.” Buletin Pos dan Telekomunikasi, vol. 9, no. 4, p. 449, 2015.

Sapty Rahayu, Flourensia, Robert Apriliyanto, dan Yohanes Sigit Purnomo Wuryo Putro, “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) Dengan Pendekatan Model DeLone And McLean.” Indonesian Journal of Information Systems, vol. 1, no. 1, p. 34–46, 2018.

Saputro, Pujo Hari, Djoko Budiyanto, dan Joko Santoso, “Model DeLone And McLean Untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan.” Scientific Journal of Informatics, vol. 2, no. 1, p. 1–8, 2016.

Sari, Elsi Puspita, dan Sukardi, “Optimalisasi Penggunaan E-Learning Dengan Model DeLone And McLean.” Journal of Education Technology, vol. 4, no. 2, p. 141, 2020.

Suradi, Agustinus, dan Mariana Windarti Windarti, “Penerapan Model DeLone And McLean Pada Si-Pmb Online Dari Perspektif Pengguna Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan.” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 11, no. 1, p. 241–248, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v2i1.968

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marcellinno Kusuma Putra, Ahmad Farisi

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi"

Published by
Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN


Creative Commons License

JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" 
by Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Teknologi Digital Indonesia 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.