IMPLEMENTASI METODE ANALYSIS GOMS PADA USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI GOJEK DAN GRAB
Abstract
Metode analisis GOMS (goals, operators, methods, dan selection rules) adalah metode untuk menganalisis
suatu tugas (task) yang dikembangkan oleh Stuart Card, Thomas P., Moran and Allen Newell. Didalam me-
tode GOMS, Goals berarti tujuan yang ingin dicapai oleh pengguna, operators berarti tindakan dasar yang
harus dilakukan pengguna di dalam menggunakan sistem, methods berarti cara-cara yang dapat dilakukan
untuk mencapai tujuan dengan menggunakan operators yang ada, dan selection rules berarti pilihan metode
yang digunakan. Aplikasi Grab dan Gojek adalah salah satu aplikasi yang bergerak dibidang transportasi,
makanan dan jasa (kurir). Penelitian ini mencoba mencari tahu segi kecepatan dan efisiensi antara aplikasi
Gojek dan Grab menggunakan metode GOMS Analisis dengan Teknik KLM (Keystroke Level Model) yang
diujikan kepada 3 aspek dari kedua aplikasi yaitu Goride, Gocar, Gofood pada aplikasi Gojek dan GrabBike,
GrabCar, GrabFood pada aplikasi Grab. Tujuannya adalah untuk mengetahui manakah yang lebih cepat
dan efisien antara kedua aplikasi tersebut dalam pemesanan layanan kendaraan dan makanan. Hasil da-
ri penelitian ini adalah sebuah kesimpulan mengenai 3 aspek yang telah diteliti sebelumnya dalam bentuk
sebuah tabel pengamatan yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai pertimbangan dalam melakukan
pengembangan aplikasi di kemudian hari.
Full Text:
PDFReferences
https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media diakses 18 Desember 2022, pukul 11.00 WIB
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/grab-dan-gojek-layanan-transportasi-online-paling-populer-di-masyarakat, diakses 12 September 2022 Pukul 14.00 WIB
https://www.rancahpost.com/202106177136/aplikasi-ojek-online/ diakses 12 September 2022 Pukul 16.00 WIB
Anggraini, G. Analisis User Experience dan User Interface pada Website Job Portal dengan Pendekatan User-Centered Design dan GOMS Analysis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2015.
Putra, A. B. Analisis User Interface dan User Experience menggunakan metode GOMS analisis dengan membandingkan 3 web ecommerce. Study Kasus: Bukalapak, Blibli, Shopee. Yogyakarta: STMIK AKAKOM, 2018.
Niaga Hoster. Mengenal User Interface: Pengertian Kegunaan, dan Contohnya, 2020
Turner P, A Psychology of User Experience, Involvement, Affect and Aesthetics, Springer, 2017.
Risky Adiguno Wibowo. Analisis User Interface dan User Experience Dengan Pendekatan GOMS Analisis. Study Kasus: Tokopedia. Skripsi. Yogyakarta: STMIK AKAKOM.2017
Schrepp, M. GOMS analysis as a tool to investigate the usability of web units for disabled users. Springer-Verlag. New York City, 2010
M.Z.Rohman, W. E.Sari, F.Metandi. Interaski Manusia dan Komputer. PNJ Press 2018
Ramadhani, A. Analisis User Interface dan User Experience Dengan Pendekatan User Centered Design Pada Web Portal. Study Kasus: akakom.ac.id. Yogyakarta: STMIK AKAKOM, 2017
Alma’ruf, W., 2011, Interaksi Manusia dan Komputer, Available at: https://www.academia.edu/4269901/INTERAKSI_MANUSIA_DAN_KOMPUTER, diakses pada tanggal 22 November 2020.
Binus University.Usability Vs User Experience.Jakarta, 2015
Sharp, H, et.al. Interaction Design: Beyond Human- Computer Interation (2nd edition). New Jersey: John Wiley & Sons.2006
Stuart Card, Thomas P., Moran and Allen Newell. The Psychology of Human Computer Interaction. USA. 1983
Yan, P. & Guo, J. The Research of Web Usability Design, Computer and Automation Engineering (ICCAE), pp.480–483. IEEE. USA, 2010
DOI: http://dx.doi.org/10.26798/juti.v1i2.842
Article Metrics
Abstract view : 1470 timesPDF - 783 times
Refbacks
Copyright (c) 2023 Y.Yohakim Marwanta, Badiyanto Badiyanto, Okky Irianto