PENERAPAN NAÃVE BAYES UNTUK PREDIKSI KELAYAKAN KREDIT

Dedy Ahmad Kurniawan, Danny Kriestanto

Abstract


Dalam dunia perbankan, pemberian kredit kepada nasabah adalah kegiatan rutinyang mempunyai resiko tinggi. Dalam pelaksanaannya, kredit yang bermasalah (kredit macet) sering terjadi akibat analisis kredit yang tidak hati-hati atau kurang cermat dalam proses pemberian kredit, maupun dari karakter nasabah yang tidak baik. Untuk mencegah terjadinya kredit macet, diperlukan adanya peramalan akurat yang salah satunya menggunakan teknologi di bidang data mining.

Dengan menggunakan teknologi di bidang data mining yang mengoptimasi proses pencarian informasi prediksi dalam basis data yang besar, serta menemukan pola-pola yang tidak diketahui sebelumnya.Naïve Bayes memprediksi probabilitas di masa depan berdasarkanpengalaman di masa sebelumnya dengan mempelajari korelasi hipotesis yang merupakan label kelas yang menjadi target pemetaan dalam klasifikasi dan evidence  yang merupakan fitur-fitur yang menjadi masukan dalam model klasifikasi.

Pengolahan data berbasis data mining tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam memprediksikan kelayakan kredit yang memperkirakan layak atau tidaknya pemohon atau nasabah untuk diberikan kredit.

 

Kata kunci: Data Mining, Naïve Bayes, Prediksi kelayakan kredit




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v1i1.10

Article Metrics

Abstract view : 1298 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3514 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Dedy Ahmad Kurniawan, Danny Kriestanto


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413