DESAIN USER INTERFACE BERBASIS WEBSITE ABSENSI FINGERPRINT MAHASISWA BERBASIS IOT MENGGUNAKAN USER CENTERED DESIGN (UCD)

Nirsal Nirsal, St Aminah

Abstract


Penggunaan teknologi dalam lingkungan pendidikan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu penggunaannya adalah penerapan Internet of Things (IoT) dalam sistem absensi mahasiswa. Sistem absensi mahasiswa secara manual rentan terjadi kecurangan dan memerlukan waktu yang lama dalam proses absensi. Oleh karena itu, dengan hadirnya teknologi sidik jari (fingerprint) telah menjadi salah satu metode yang efisien dan akurat untuk mengelola kehadiran mahasiswa. Namun, kesuksesan implementasi teknologi ini tidak hanya tergantung pada fungsionalitasnya, tetapi juga pada antarmuka pengguna (UI) dalam menggunakan aplikasi. Maka dalam penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) sebagai landasan metodologi dalam merancang antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil Penelitian ini, menunjukkan bahwa pendekatan metode UCD efektif dalam merancang desain sistem absensi mahasiswa. Hasil dari pengujian desain aplikasi memperoleh skor penilaian rata-rata dari pengujian adalah 3,5, termasuk kategori memenuhi atau sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Keywords


User Centered Design; Sistem Absensi Mahasiswa; Internet of Things; Fingerprint; Web;

References


N. Nilfaidah, A. S. Miru, dan M. Lamada, “Pengembangan Sistem Absensi Mahasiswa Realtime Menggunakan PHP, MYSQL, SMS Gateway, dan Framework Codeigniter”.

F. A. Siregar dan Suendri, “Aplikasi Presensi Perkuliahan Mahasiswa Menggunakan Qr-Code dan Location Based Service Berbasis Android,” J. Indones. Manaj. Inform. Dan Komun., vol. 4, no. 3, hlm. 1227–1235, Sep 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i3.378.

M. Saied dan A. Syafii, “Perancangan dan Implementasi Sistem Absensi Berbasis Teknologi Terkini untuk Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Kehadiran Karyawan dalam Perusahaan”.

M. Dahoklory, “Perancangan Integrated Smart Presence dengan Memanfaatkan Finger Print Berbasis Prototype,” vol. 02, no. 03.

F. K. Bhakti, I. Ahmad, dan Q. J. Adrian, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2.

S. Ernawati dan A. D. Indriyanti, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika),” vol. 03, no. 04, 2022.

F. M. Firanda, S. Milwandhari, dan V. Putratama, “Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web (Studi Kasus : DPRD Kabupaten Garut),” vol. 13, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/improve/article/view/1553

D. L. Kaligis dan R. R. Fatri, “Pengembangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Survei Berbasis Web dengan Metode User Centered Design,” JUST IT J. Sist. Inf. Teknol. Inf. Dan Komput., vol. 10, no. 2, hlm. 106, Jun 2020, doi: 10.24853/justit.10.2.106-114.

S. Supardianto dan A. B. Tampubolon, “Penerapan UCD (User Centered Design) Pada Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TI Berbasis Web di Bid TIK Kepolisian Daerah Kepulauan Riau,” J. Appl. Inform. Comput., vol. 4, no. 1, hlm. 74–83, Jun 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.2108.

T. D. A. Dakhilullah dan B. Suranto, “Penerapan Metode User Centered Design pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star”, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24107




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i1.1044

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Nirsal Nirsal, St Aminah


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413