PENERAPAN BUSINESS PROCESS REENGINEERING (BPR) PADA LAYANAN PENELITIAN

Febri Nova Lenti, Erna Hudianti Pujiarini

Abstract


Business Process Reengineering (BPR) adalah suatu metode manajemen perubahan yang menitikberatkan pada perbaikan proses dengan cara mengurangi elemen-elemen proses yang tidak memberikan nilai tambah. BPR digunakan dalam penelitian ini untuk melakukan perombakan proses layanan penelitian di LPPM UTDI dengan tujuan meningkatkan kinerjanya. Evaluasi kinerja layanan ini dilakukan berdasarkan efisiensi throughput. Saat ini, penggunaan Teknologi Informasi (TI) menjadi keharusan, tetapi penggunaan TI yang tidak tepat dapat menghambat potensi sebenarnya dari TI tersebut. Salah satu alasan mengapa TI seringkali tidak memberikan manfaat maksimal adalah karena organisasi cenderung hanya mencoba mengotomatisasi tugas-tugas yang ada tanpa mempertimbangkan ulang bagaimana pekerjaan seharusnya dilakukan. Dalam penelitian ini, akan dibahas bagaimana meningkatkan efisiensi throughput dalam pengurusan layanan penelitian dengan melakukan perancangan ulang proses menggunakan BPR. Hasil akhir dari BPR adalah desain ulang proses-proses beserta penggunaan teknologi informasi yang mendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi throughput awalnya sebesar 15,37% meningkat menjadi 15,68%. Meskipun peningkatannya kecil, namun terjadi perubahan signifikan dalam total waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan layanan penelitian, yaitu 1,6 kali lebih cepat, dari 10800 menit (22,5 hari kerja) menjadi 6730 menit (14 hari kerja). Dengan demikian, proses-proses yang telah dioptimalkan dan efektif ini siap untuk diotomatisasi dengan bantuan teknologi informasi.

 


Keywords


BPR; Layanan Penelitian; Efisiensi Thhroughput; ASME

References


A. Rozaq, R. K. Hardinto, R. Yunida, and R. Faslah, “Masyarakat Guna Meningkatkan Kinerja P3M,” pp. 36–41, 2019.

M. Arip Islahudin and W. Hadikurniawati, “Implementasi Metode Business Process Reengineering (Bpr) Pada Sistem Pelayanan Data Penduduk,” J. Ilm. Inform., vol. 10, no. 01, pp. 25–34, 2022, doi: 10.33884/jif.v10i01.4598.

Z. Zakiah, L. H. Atrinawati, and Y. T. Wiranti, “Pemodelan Proses Bisnis pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i2.656.

Koko Karsa, “Business Process Reengineering dalam Pelaksaan Program Citarum Harum Guna Mengatasi Pencemaran Sungai Berbasis Online Monitoring (Onlimo) System,” Formosa J. Multidiscip. Res., vol. 1, no. 3, pp. 651–686, 2022.

A. Wicaksana and T. Rachman, “Leveraging Business Process Reengineering for Healthcare Efficiency: A Comprehensive Review,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 3, no. 1, pp. 10–27, 2018, [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

L. E. Michael J.Anderson, Laura E.White, “Business P rocess Reengineering and Industry 4.0: A Review of Recent Literature and Case Studies,” Int. J. Adv. Manuf. Technol., vol. 5, no. 7–8, pp. 769–782, 2020.

R. L. Manganelli and M. K. Klein, The reengineering handbook: a step-by-step guide to business transformation. American Management Association, 1994.

N. Obolensky and S. Budidarmo, Practical Business Re-Engineering= Petunjuk praktis merekayasa kembali bisnis. Elex Media Komputindo, 1996.

F. N. Lenti, “REKAYASA ULANG PROSES BISNIS LAYANAN YUDISIUM MENGGUNAKAN METODE BPR,” Proseding KNSi (Konferensi Nas. Sist. Informasi), pp. 948–954, 2011.

R. Chandna and S. R. Ansari, “A literature review of business process reengineering of manufacturing systems,” in National Conference on Future Aspects of Artificial Intelligence in Industrial Automation, 2012, Proceedings published by International Journal of Computer Applications, Citeseer, 2012, pp. 31–33.

H. Wasiati, “Rekayasa Ulang Layanan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Business Process Reengineering Di Stmik Akakom Yogyakarta,” Respati, vol. 10, no. 28, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i1.1102

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Febri Nova Lenti, Erna Hudianti Pujiarini


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413