Penentuan Jumlah Pengadaan Stok Bahan Baku dengan Metode Fuzzy Sugeno pada UMKM XYZ

Abyan Akbar Indroyono, Agus Dwi Churniawan, Vivine Nurcahyawati

Abstract


Dalam konteks manajemen stok bahan baku, fluktuasi yang signifikan antara tingkat pengelolaan yang tinggi dan rendah seringkali menghambat kelancaran proses pembelian, mengakibatkan kendala seperti permintaan yang tinggi dan ketersediaan bahan baku yang tidak memadai. Terutama pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) XYZ yang beroperasi dalam industri produksi kopi, dinamika ini dipicu oleh praktik pembelian berdasarkan estimasi yang dilakukan untuk memenuhi stok bulanan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merumuskan solusi dengan merancang aplikasi yang mengadopsi metode Fuzzy Sugeno untuk memprediksi pembelian bahan baku.Aplikasi yang dihasilkan mampu memberikan proyeksi akurat terhadap kebutuhan pembelian bahan baku setiap bulan, dengan dasar histori produksi dari satu tahun sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini memberikan UMKM XYZ kemampuan untuk melakukan analisis dengan metode perhitungan otomatis, membawa dampak positif pada efisiensi operasional. Evaluasi kinerja aplikasi, dilakukan dengan menggunakan Metode Mean Absolute Percentage Error (MAPE), menghasilkan nilai 33,4%, yang menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi dalam perhitungan fuzzy. Secara keseluruhan, penelitian ini tidak hanya memberikan solusi praktis untuk permasalahan pengelolaan stok bahan baku, tetapi juga membuktikan efektivitas metode Fuzzy Sugeno dalam meningkatkan ketepatan prediksi dalam konteks pengambilan keputusan bisnis.


Keywords


UMKM; Fuzzy Sugeno; Bahan Baku; Pendukung Keputusan; Prediksi

References


R. Fadilah, “SISTEM INFORMASI PRODUKSI PADA KEDAI KOPI COCOFFEE-IN,” Manaj. Inform. UNIKOM, 2019.

M. I. Akbar, “Penilaian Dan Pencatatan Persediaan Barang Dagangan Menggunakan Rumus Biaya Masuk Pertama Keluar Pertama (Mpkp) Pada Toko Intan Kosmetik Banjarmasin,” 2021.

E. Herjanto, Manajemen Operasi. Jakarta: Grafindo, 2015.

& P. Kusumadewi, S., “Aplikasi Logika Fuzzy untuk. Pendukung Keputusan,” Graha Ilmu., 2013.

A. H. Anindita Nurizza Masquitasari Yusuf, Edy Widayat, “Penerapan Logika Fuzzy Dalam Memperkirakan Jumlah Produksi Telur Terhadap Permintaan Pasar,” Neliti, 2017.

A. Hapiz, “Penerapan Logika Fuzzy Dengan Metode Tsukamoto untuk Mengestimasi Curah Hujan,” 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v8i1.1158

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Abyan Akbar Indroyono, Agus Dwi Churniawan, Vivine Nurcahyawati


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413