PENGEMBANGAN SUBSISTEM APLIKASI ZAKAT ONLINE BERBASIS WEB PADA BAZNAS KOTA BOGOR MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL

Dwi Andini Putri, Siti Ernawati

Abstract


Menunaikan zakat merupakan kewajiban bagi orang islam. Menunaikan zakat tidak hanya sebagai tanda ketaatan seseorang terhadap Allah SWT, tetapi zakat juga sebagai kebutuhan sosial untuk membantu sesama dan mengurangi kemiskinan. Studi kasus dalam penelitian ini dilakukan pada BAZNAS Kota Bogor, Jawa Barat. Permasalahan yang terjadi adalah masih adanya kekurangan pada web BAZNAS Kota Bogor. Adapun kekurangannya yaitu  (1) Belum tersedianya laman khusus untuk muzakki; (2) Belum tersedianya  chat langsung bagi muzakki (3) Belum tersedianya data mustahik atau penerima zakat; (4) ketidak efektifan dalam laporan data pemberi dan penerima zakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembayaran zakat secara online. Aplikasi tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam membayar zakat secara online serta laporan data pemberi dan penerima zakat menjadi lebih terbuka dan efektif. Penelitian ini menggunakan Model SDLC air terjun (waterfall) yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis kebutuhan perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian dan pendukung (support) atau pemeliharaan (maintenance). Visualisasi rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu BAZNAS Kota Bogor dalam meningkatkan pengelolaan data zakat maupun pengelolaan data pendistribusian zakat dan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran zakat secara online.


Keywords


Baznas; Unified Modeling Language; Waterfall; Zakat Online

Full Text:

PDF

References


A. R. Hidayatullah, M. R. Arief, and S. Informasi, “Zakat Berbasis Client Server Pada Badan Amil Zakat Masjid Agung Baitul Qadim Loloan Timur,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 103–108, 2016.

A. Novansyah, H. Sunardi, and M. Ramadhan, “Sistem informasi pengolahan zakat dan infaq pada masjid agung palembang,” J. Inform. Glob., vol. 6, no. 1, pp. 15–20, 2015.

V. Apriani, S. Riyadi, U. D. Ali, M. Robert, and K. R. Davis, “Sistem Informasi Manajemen Zakat Infaq Dan Sedekah Pada Lazis Nurul Iman Berbasis Web,” J. Penelit. Dosen FIKOM, vol. 7, no. 2, pp. 1–4, 2017.

N. A. Farabi, “Analisis Penerapan Sistem informasi ZISW Dengan Menggunakan Metode UTAUT,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 71–79, 2016.

S. Susilowati, “Pengembangan SSusilowati, S., & Informatika, M. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Zakat , Infaq , Shadaqoh , Waqaf dan Hibah Menggunakan Metode Waterfall, 19(1), 52–60.istem Informasi Manajemen Zakat , Infaq , Shadaqoh , Waqaf dan Hibah Meng,” J. Paradig., vol. 19, no. 1, pp. 52–60, 2017.

A. R. dan M. S. Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.2019.v4i2.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jumlah Pengunjung

View My Stats