FUZZY INFERENCE SYSTEM METODE TSUKAMOTO UNTUK PENENTUAN PROGRAM STUDI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR

Dio Setiyawan, Arbansyah Arbansyah, Asslia Johar Latipah

Abstract


Penentuan program studi sangat penting bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kesalahan dalam memilih program studi sangat berdampak bagi mahasiswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Banyak cara untuk menentukan program studi yang cocok bagi calon mahasiswa, salah satunya melalui pendekatan logika fuzzy. Penelitian ini menerapkan logika fuzzy untuk penentuan program studi pada Fakultas Sains dan Teknologi. Data yang digunakan merupakan data Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2021/2022.

Pada logika fuzzy terdapat Fuzzy Inference System (FIS) dan metode yang digunakan adalah metode Tsukamoto. Metode Tsukamoto memiliki 3 tahap yang penting, yaitu: 1. Fuzzifikasi untuk menentukan variabel, himpunan, dan nilai domain, 2. Inferensi untuk proses pembentukan rules dan fungsi implikasi Min, dan 3. Defuzzifikasi dengan menggunakan metode rata-rata terbobot. Pada penelitian ini didapatkan hasil pengujian dengan nilai nilai error sebesar 12.28% dan nilai akurasi sebesar 87.72% dari 57 sampel calon mahasiswa berdasarkan variabel nilai Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menambah variabel yang berkaitan untuk meningkatkan keakuratan dalam penentuan program studi bagi calon mahasiswa baru.

Keywords


Fuzzy Inference System; Fuzzy Metode Tsukamoto; Penentuan Program Studi



DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v7i1.657

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Dio Setiyawan, Arbansyah Arbansyah, Asslia Johar Latipah


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413