Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD)

Evangelions Felix Yehdeya, Clara Hetty Primasari, Thomas Adi Purnomo Sidhi, Yohanes Priadi Wibisono, Djoko Budiyanto Setyohadi, Mutiara Cininta

Abstract


User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan sesuatu hal yang penting dalam sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan, bagaimana UI dan UX ikut ambil bagian dalam sebuah interaksi dengan aplikasi yang dibuat, tidak terlepas dari sebuah Virtual Reality (VR), juga membutuhkan sebuah UI/UX. Di dalam VR kita dapat melihat UI-UI yang telah dibuat sedemikian rupa agar menyerupai tampilan aplikasi yang mendekati dunia yang nyata atau tampak realistis. UI dalam VR pun dapa Dalam hal ini agar mempermudah interaksi antara objek-objek yang ada di dalam aplikasi dengan pengguna. Pembahasan pada artikel ini akan membahas mengenai Virtual Reality Gamelan, yang nantinya pengguna akan berinteraksi dengan pemukul gamelan agar dapat memainkan gamelan seperti gamelan yang nyata. Oleh karena itu metode User Centred Design (UCD) akan memperhatikan pengguna, dalam hal ini akan menjadi pusat desain, agar mendapatkan hasil dari sudut elevasi pemukul gamelan agar mendekati sudut elevasi pemukul gamelan saat bermain gamelan yang sesungguhnya. Harapannya akan mengembangkan suatu aplikasi yang ramah pengguna dan saat memainkan gamelan akan terasa seperti permainan gamelan pada dunia nyata.

Keywords


Virtual Reality; Gamelan; UCD; User Interface; User Experience



DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v7i1.757

Article Metrics

Abstract view : 1494 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 667 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Evangelions Felix Yehdeya


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413