PERANCANGAN CETAK BIRU INFRASTRUKTUR KTT-NET UNTUK MEMBANGUN E-GOVERNMENT DI KABUPATEN TANA TIDUNG, PROVINSI KALTARA

Arif Fadllullah, Rudy -

Abstract


Sebagian besar satuan kerja di Kabupaten Tana Tidung (KTT) masih mengandalkan proses komunikasi, transfer informasi dan pelayanan publik secara manual, padahal beberapa diantanya telah memiliki akses internet yang menunjang proses komunikasi dan transfer informasi, akan tetapi masih belum terkoneksi dengan satuan kerja yang lain dalam satu wadah jaringan terintegrasi. Akibatnya, masing-masing satuan kerja melakukan perencanaan yang saling tumpang tindih atau tidak memiliki jaringan privasi dalam hal kirim-bagi data secara ekslusif, sehingga memungkinkan terjadinya suatu distorsi dan redudansi layanan informasi antar satuan kerja. Disisi lain, akses jaringan yang berjalan sendiri-sendiri seringkali membuat pemborosan investasi yang berakibat pada pembengkakan anggaran terkait penyediaan infrastruktur, penggunaan bandwidth, dan maintenance. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan desain cetak biru infrastruktur jaringan komputer atau disingkat KTT-Net dengan pendekatan top-down sebagai upaya awal untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini mengambil data melalui survei, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan secara langsung yang diperoleh dari 21 satuan kerja di KTT. Dari desain cetak biru infrastruktur hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 satuan kerja yaitu kantor Bupati KTT diusulkan laik sebagai data center KTT-Net, 10 satuan kerja bertindak sebagai node jaringan backbone dengan 4 diantaranya menjadi klaster bagi 10 satuan kerja lainnya.


Keywords


Cetak biru infrastruktur jaringan; KTT-Net; e-Government; pendekatan top-down; Kabupaten Tana Tidung

Full Text:

PDF

References


A. Rakhmadi and J. M. Sinambela, "Perancangan Cetak Biru Infrastruktur Jaringan Komputer untuk Penerapan e-Government di Kabupaten Mukomuko Propinsi Bengkulu," Emitor, vol. 13, no. 2, pp. 57-65, 2013.

Z. Al-Khanjari, N. Al-Hosni and N. Kraiem, "Developing A Service Oriented E-Government Architecture Toward Achieving E-Government Interoperability," International Journal of Software Engineering and Its Applications, vol. 8, no. 5, pp. 29-42, 2014.

N. Widodo, "Pengembangan e-Government di Pemerintahan Daerah dalam Rangka Mewujudkan Smart City (Studi di Pemerintahan Daerah Kota Malang)," Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), vol. 2, no. 4, pp. 221-229, 2016.

T. R. Ariantoro, "Penerapan Metode Top-Down Design Pada Jaringan Komputer di STIK Bina Husada," Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM), vol. 2, no. 1, pp. 55-69, 2017.

VE2DBE, "Link Evaluation," [Online]. Available: http://radiomobileonline.pe1mew.nl/?The_program:New_Link:Link_Evaluation. [Accessed 15 November 2017].

M. K. d. Informatika, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 27/PER/M.KOMINFO/06/2009 Tentang Penetapan Pita Frekuensi Radio untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (Wireless Broadband) Pada Pita Frekuensi Radio 5.8 GHz, 2009.

"Datasheet Rocket M," 21 Maret 2015. [Online]. Available: https://dl.ubnt.com/datasheets/rocketm/RocketM_DS.pdf. [Accessed 5 December 2017].

"Datasheet RocketDish," 6 Maret 2015. [Online]. Available: https://dl.ubnt.com/datasheets/rocketdish/rd_ds_web.pdf. [Accessed 5 December 2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v4i1.148

Article Metrics

Abstract view : 487 times
PDF - 717 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Arif Fadllullah, Rudy -


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413