Implementasi Chatbot Otomatis Akademik Berbasis Web Menggunakan LLM dan Rule-Based System Studi Kasus: STMIK Time

Alvin Alvin, Robet Robet, Feriani Astuti Tarigan

Abstract


Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah mendorong peningkatan efisiensi layanan informasi melalui penerapan chatbot yang mampu berinteraksi secara alami dengan pengguna. Chatbot merupakan implementasi teknologi berbasis pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing/NLP) yang dirancang untuk memahami dan merespons percakapan manusia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan chatbot otomatis layanan akademik STMIK Time berbasis web dengan mengintegrasikan dua pendekatan utama, yaitu Rule-Based System dan Large Language Model (LLM). Metode penelitian meliputi tahap perancangan sistem menggunakan Flowise AI sebagai platform automation workflow, serta pengujian performa sistem melalui dua tahap, yaitu pengujian black box untuk menilai fungsionalitas dan pengujian user experience untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kecepatan, akurasi, dan kepuasan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot berfungsi dengan baik dengan capaian kecepatan respons sebesar 51,5%, tingkat akurasi 54,5%, dan tingkat kepuasan pengguna 60,6%. Hasil ini menegaskan bahwa sistem mampu memberikan layanan informasi akademik secara efektif, meskipun aspek kecepatan dan responsivitas masih perlu ditingkatkan. Kesimpulannya, Rule-Based System lebih sesuai untuk percakapan terstruktur, sedangkan Large Language Model (LLM) lebih efektif untuk konteks dinamis. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengembangan layanan akademik berbasis AI yang lebih adaptif dan responsif di perguruan tinggi.


Keywords


Chatbot; Website; Rule-Based System; Large Language Model; Automation Workflow

References


M. Khairi, B. Rianto, Chrismondari, Yolnasdi, M. Jalil, H. Juita, and E. Sudeska, “Pengaruh Teknologi Dalam Transformasi Ekonomi Dan Bisnis Di Era Digital,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 7, no. 1, pp. 71–78, Feb. 2025, doi: 10.32520/JUPEL.V7I1.3947.

T. Ait Baha, M. El Hajji, Y. Es-Saady, and H. Fadili, “The impact of educational chatbot on student learning experience,” Educ Inf Technol (Dordr), vol. 29, no. 8, pp. 10153–10176, Jun. 2024, doi: 10.1007/S10639-023-12166-W.

Ardiansyah, “Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi,” Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, vol. 2, no. 1, pp. 44–55, Feb. 2023, doi: 10.34312/LJPMT.V2I1.18078.

H. Valent et al., “Rancang Bangun Chatbot Sebagai Media Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Negeri Medan Berbasis Nlp Sederhana,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 9, no. 4, pp. 6049–6054, May 2025, doi: 10.36040/JATI.V9I4.13997.

A. F. Muhammad and F. Adila, “Pengembangan Chatbot Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Dialogflow,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, no. 1, pp. 25–37, May 2021, doi: 10.29100/JIPI.V6I1.1821.

N. A. Purwitasari and M. Soleh, “Implementasi Algoritma Artificial Neural Network Dalam Pembuatan Chatbot Menggunakan Pendekatan Natural Language Parocessing,” Jurnal IPTEK, vol. 6, no. 1, Mar. 2022, doi: 10.31543/JII.V6I1.192.

P. Vanichvasin, “Chatbot Development as a Digital Learning Tool to Increase Students’ Research Knowledge.,” International Education Studies, vol. 14, no. 2, pp. 44–53, 2021, doi: 10.5539/ies.v14n2p44.

J. Y. Ng et al., “Attitudes and perceptions of medical researchers towards the use of artificial intelligence chatbots in the scientific process: an international cross-sectional survey,” Lancet Digit Health, vol. 7, no. 1, pp. e94–e102, Jan. 2025, doi: 10.1016/S2589-7500(24)00202-4.

K. A. Nugraha and D. Sebastian, “Chatbot Layanan Akademik Menggunakan K-Nearest Neighbor,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 11–19, Mar. 2021, doi: 10.34128/JSI.V7I1.285.

F. Hari Purwanto, F. Alfarisi, and S. Tinggi Kesehatan Al-Fatah Bengkulu, “Perancangan Chatbot WhatsApp untuk Mendukung Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Node.js,” SISFOTENIKA, vol. 15, no. 2, pp. 101–114, Jul. 2025, doi: 10.30700/SISFOTENIKA.V15I2.559.

L. Costaner, P. Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning, and J. K. Yos Sudarso, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 2, pp. 291–300, Nov. 2020, doi: 10.31849/DIGITALZONE.V11I2.5049.

E. N. Sugianto, J. A. Sujangga, N. Delvia, V. Ayustika, A. C. Nugroho, and S. Informasi, “Pengembangan Chatbot ‘Ciovita’ Virtual Assistant Cioccolato Brownie Semarang Dengan Metode Waterfall,” Journal of Applied Computer Science and Technology, vol. 3, no. 2, pp. 179–185, Dec. 2022, doi: 10.52158/JACOST.V3I2.348.

ZN Adesfiana, I. Astuti, and E. Enawaty,“Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model Addie,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 10, no. 2, pp. 147–152, Dec. 2022, doi: 10.31294/JKI.V10I2.14050.

M. Mustaqim, A. Gunawan, Y. B. Pratama, and I. Zaliman, “Pengembangan Chatbot Layanan Publik Menggunakan Machine Learning Dan Natural Languange Processing,” Journal of Information Technology and Society, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, Jun. 2023, doi: 10.35438/JITS.V1I1.16.

E. M. S. Ariestono, A. R. Kardian, and I. P. Wardhani, “Rancangan Dan Implementasi Chatbot Layanan Informasi Pendaftaran Pascasarjana Di Perguruan Tinggi,” Prosiding Seminar SeNTIK, vol. 7, no. 1, pp. 341–353, Aug. 2023, Accessed: Oct. 12, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.jak-stik.ac.id/index.php/sentik/article/view/3472

O. Layanan et al., “Optimalisasi Layanan Kesehatan di Puskesmas Melalui Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Flowise AI,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 6, no. 3, pp. 376–391, Nov. 2024, doi: 10.35746/JTIM.V6I3.617.

L. R. Hidayat, G. Pasek, S. Wijaya, and R. Dwiyansaputra, “Optimalisasi Layanan Sistem Informasi Mahasiswa Dengan Integrasi Telegram : Chatbot Retrieval-Augmented-Generation Berbasis Large Language Model,” Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, dan Aplikasinya (JTIKA ), vol. 7, no. 1, pp. 121–131, Mar. 2025, doi: 10.29303/JTIKA.V7I1.459.

H. Husamuddin, D. Boedi Prasetyo, H. Cahya Rustamadji, J. Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri UPN, Y. Jl Babarsari, and T. Yogyakarta, “Otomatisasi Layanan Frequently Ask Questions Berbasis Natural Langugae Processing Pada Telegram Bot,” Telematika, vol. 17, no. 2, pp. 145–157.

D. M. Alfiansyah, Wiilys, L. Setiyani, D. F. Wati, and Dedih, “Pengembangan Chatbot Berbasis Web untuk Layanan Informasi di Horizon University,” bit-Tech, vol. 7, no. 3, pp. 1068–1077, Apr. 2025, doi: 10.32877/BT.V7I3.2318.

T. Wang et al., “Exploring the Potential Impact of Artificial Intelligence (AI) on International Students in Higher Education: Generative AI, Chatbots, Analytics, and International Student Success,” Applied Sciences 2023, Vol. 13, Page 6716, vol. 13, no. 11, p. 6716, May 2023, doi: 10.3390/APP13116716.

J. Heo and J. Lee, “CiSA: An Inclusive Chatbot Service for International Students and Academics,” Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), vol. 11786 LNCS, pp. 153–167, 2019, doi: 10.1007/978-3-030-30033-3_12/FIGURES/5.

Siti Romdona, Silvia Senja Junista, and Ahmad Gunawan, “Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner,” JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, vol. 3, no. 1, pp. 39–47, Jan. 2025, doi: 10.61787/TACEEE75.

N. Padillah et al., “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Profile Matching Berbasis Website,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 14, no. 2, pp. 186–200, Sep. 2024, doi: 10.34010/JATI.V14I2.11863.

Y. E. Ananta, D. Yuniati, D. Rolliawati, A. Kunaefi, and A. Permadi, “Pengembangan Aplikasi Sido Chatbot sebagai Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Kediri Menggunakan Rule-Based Pattern Matching,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 15, no. 1, pp. 40–53, Mar. 2025, doi: 10.34010/JATI.V15I1.15219.

J. A. Reis, J. Rafael Almeida, T. M. Almeida, and J. Luís Oliveira, “Using Flowise to Streamline Biomedical Data Discovery and Analysis,” 2024 IEEE 22nd Mediterranean Electrotechnical Conference, MELECON 2024, pp. 695–700, 2024, doi: 10.1109/MELECON56669.2024.10608738.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v9i3.2209

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Alvin Alvin, Robet Robet, Feriani Astuti Tarigan


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413