SISTEM REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING

Saifur Rohman Cholil, Novita Aria Rizki, Trinanda Fajri Hanifah

Abstract


Kota Semarang yang terletak di Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata, namun sebagian besar pengunjung hanya mengetahui beberapa tempat saja diantaranya Tugu Muda, Simpang Lima, Lawang Sewu dan lainnya, akibatnya banyak sekali tempat wisata lain di Kota Semarang yang jarang dikunjungi dan terekspos. Isu selanjutnya adalah pengenalan destinasi wisata oleh pemerintah daerah dimana masih menggunakan metode lama yaitu pengenalan tempat wisata secara manual dengan cara menyebarkan brosur. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat sistem yang merekomendasikan tempat wtisata di Kota Semarang berdasarkan pemberian rating dengan menggunakan metode collaborative filtering. Hasil yang diinginkan dalam penelitian ini yaitu telah terbentuknya sistem menggunakan metode collaborative filtering yang dapat merekomendasikan tempat wisata dengan nilai perbandingan dari wisawatan lain. Sistem ini memungkinkan semua orang dapat memberikan rating di dalam sistem tersebut sehingga memberikan rekomendasi di kota Semarang. Sistem rekomendasi ini dapat mengenalkan tempat wisata baru di Semarang sehingga dapat memunculkan potensi wisata baru di Semarang. Pengembangan selanjutnya yaitu aplikasi ini dapat dilakukan dengan membuat sistem menjadi online sehingga bisa digunakan oleh masyarakat dan dapat dikembangkan dengan metode rekomendasi lainnya seperti content based filtering         


Keywords


Collaborative Filtering; Sistem Rekomendasi; Tempat Wisata

References


Purnamasari, D. dkk. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Tempat Wisata Di Jawa Barat Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (pp. 49–55).

M. V. Setya, “Semarang Dalam Upaya Mengembangkan Pariwisata Kota Semarang,” J. Polit. Gov. Stud., vol. 6, pp. 410–401, 2017.

A. Kurniawan, “Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 2089–9815, 2016.

A. Pamuji, “Sistem Rekomendasi Kredit Perumahan Rakyat Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering,” Fakt. Exacta, vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2017.

E. Erlangga and H. Sutrisno, “Sistem Rekomendasi Beauty Shop Berbasis Collaborative Filtering,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 10, no. 2, p. 47, 2020.

W. Indriawan, A. Irham Gufroni, and Rianto, “Sistem Rekomendasi Penjualan Produk Pertanian Menggunakan Metode Item Based Collaborative Filtering,” J. Siliwangi, vol. 6, no. 2, pp. 53–59, 2020.

Mustofa, A. R. (2018). Sistem Rekomendasi Wisata Di Kediri Menggunakan Metode Item Based Collaborative Filtering. Malang.

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019.

Munawar, 2018. Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika.

D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019.

Novendri, “Pengertian Web,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, pp. 46–57, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26798/jiko.v7i1.727

Article Metrics

Abstract view : 952 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 569 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Saifur Rohman Cholil, Novita Aria Rizki, Trinanda Fajri Hanifah


JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)

Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM)

Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198
Telp. (0274)486664

Website : https://www.utdi.ac.id/

e-ISSN : 2477-3964 
p-ISSN : 2477-4413